Sai paeleng ma pinggolmu tu ahu, hapogani paluahon ahu; sai Ho ma gabe dolok batu partanobatoan di ahu, gabe huta na gonting laho pangoluhon ahu; Psalmn 31,3

Tema dalam hari-hari di pekan ini adalah estomihi. Estomihi berarti Allah menjadi gunung batu tempat perlindungan, kubu pertahanan dalam hidup kita. Menjadikan Allah sebagai tumpuan harapan kita dalam menjalani hari-hari ini.
Menjadi percaya bahwa Allah adalah gunung batu berarti menjadi tidak percaya kepada yang lain selain kepada Allah. Betapa pun hebat dan kuatnya, betapa pun besar dan kokohnya kelihatan di dunia ini, tak ada alasan mengapa kita harus meyakininya sebab Allah sudah menunjukkan kehebatan-Nya dan kuasa-Nya yang tidak tertandingi.
Konon, bangunan yang paling aman didiami manusia dibuat dengan benteng yang kokoh super anti peluru dan bom, yang penuh dengan perlengkapan ultra mutakhir dengan deteksi yang sangat peka; sehingga seekor nyamuk pun tak sanggup mendekati bunker persembunyian itu. Tapi, cukup amankah orang yang tinggal didalamnya? Bayi Yesus katanya dalam anekdot itu pernah dibawa oleh Yusuf dan Maria orang tuanya ke sebuah gua yang kelihatannya sudah lama sekali di tinggalkan di Mesir. Pintu masuk ke gua itu penuh dengan rambang-rambang, jejaring binatang yang kelihatannya sudah ditinggalkan penghuninya. Ditambah lagi bau pengap tanda tak kehidupan disana, sehingga membuat pasukan Herodes tidak memperhitungkan tempat itu sebagai tempat persembuyian bayi Yesus. Dan mereka selamat.
Tapi apakah mereka betul-betul merasa aman? Rasa aman dan tenteram itulah yang memenuhi seseorang yang menjadikan Allah sebagai benteng pertahanan dan gunung batunya dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan tantangan. Rasa aman dan hati yang tenteram yang tidak dapat ditukarkan dengan uang sebanyak apa pun; tidak dapat dibandingkan dengan betapa pun lengkapnya persenjataan dan alat-alat canggih atau dengan ratusan lapis bodyguard untuk sekadar menjamin keselamatan. Tuhan Allah-lah benteng pertahanan kita, kemana kita seharusnya meminta pertolongan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s