Pesta Syukuran Sudah Usai

Kemaren Minggu 22/2 pesta Syukuran 5 Tahun HKBP Ressort Jorlang Huluan diadakan. Peringatan atau Ulang tahun kelima kemaren dihadiri oleh Praesses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt Pieter Hutapea dan Ibu, Pdt HKBP Ressort Bahal Gaja Tiga Bolon Pdt Djaendar Ompusunggu dan Ibu, para Undangan dari gereja-gereja tetangga.
Acara minggu bersama saressort Jorlang Huluan ini diadakan gereja Sabungan HKBP Jorlang Huluan dengan liturgis Pdt Dj Ompusunggu dan Pengkotbah Pdt P Hutapea, MTh. Dalam kotbahnya, Praesses menekankan betapa perlu mengingat dan mendokumentasikan riwayat gereja-gereja, tentang pekerjaan pekabaran Injil di jemaat itu. Sejak 1934 sudah ada berdiri jemaat di Jorlang Huluan, jadi sudah ada sekitar 75 tahun datangnya Injil ke daerah ini. Ini patut disyukuri sebab kabar baik itu membawa banyak pencerahan kepada orang Batak di Simalungun.
Saatnya sekarang orang kristen menjadi dewasa, sebab dibandingkan dengan usia manusia 75 tahun sudah berarti kl 3 generasi. Itu berarti juga sudah saatnya kita menjadi kristen dewasa yang tidak mudah terbujuk rayuan dan pengaruh disekitar kita. Tapi menjadi dewasa karena sudah penuh dengan pertimbangan dan pemikiran yang konstruktif.
Kami bersyukur bahwa di ibadah itu dapat memberikan 250 eksemplar buku Kenang-kenangan Syukuran 5 Tahun HKBP Ressort Jorlang Huluan kepada seluruh warga jemaat meski hanya 1 buku per-rumah tangga. Ini disumbangkan sebagian oleh Kel Daniel dan Tetty br Samosir di USA. Buku berisi sejarah singkat kehadiran jemaat Jorlang Huluan, Marihat Huluan dan Gunung Pariama Sihaporas dan juga peresmian jemaat ini menjadi salah satu Ressort di Distrik V SumTimur.
5 Tahun sudah berlalu, waktunya tidak lagi menjadi balita. Selama ini masih balita (bawah lima tahun), tapi sekarang sudah waktunya menjadi besar dan dapat berbuat lebih banyak. Misalnya dengan pengembangan ekonomi kerakyatan dalam pelayanan jemaat di Credirt Union Modifikasi (CUM). Kini sudah berumur 2,7 tahun koperasi gereja ini, dan kemaren di Rapat Ressort dan kegiatan gereja lainnya sudah mulai bisa memberi sedikit kontribusi. Mudah-mudahan dalam perjalanan waktu lembaga keuangan alternatif ini bisa menjadi jawaban atas kesulitan-kesulitan keuangan di tengah jemaat dan masyarakat luas.
**
Setelah ibadah kami bersyukur dapat menyukuri pesta dengan bersama manortor, semua parhalado dan warga jemaat bersama dengan para Undangan. Satu tradisi yang harus tetap dipelihara, dimana semua orang ikut menyukuri berkat Tuhan ini atas penyertaan-Nya bagi gereja-Nya di tempat ini. Hadir juga warga gereja tetangga, GKPS Jorlang Huluan, RK Jorlang Huluan dan RK Lumbantongatonga. Meski tak diundang secara resmi hadir pula Aldentua Siringoringo, Caleg dari PDS ke DPR RI dan juga Piliaman Simarmata dari PIB di Dapem IV.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s