Ai jadijadianNa do hita, angka na tinompa dibagasan Kristus Jesus, asa marulaon na denggan hita; ai angka i do dipature Debata hian, asa taparangehon i; Epesus 2, 10

Syahdan, kala Allah pertama sekali menciptakan manusia itu prototipe pertama yang ditanamkan-Nya adalah Imago Dei, Image of God. Ini menjadi keyakinan bahwa Allah semakin dapat dimengerti dengan konsep anthropomorfis, yang bertangan, berkaki dengan panca indera dan tentu saja dengan lev, hati. Citra itu dipancarkan kepada manusia-manusia awalnya, sehingga manusia sebagai tempahan Allah pada dasarnya adalah baik.

Sekarang!? Banyak manusia tak lagi berhati membantu sesamanya. Jamak kedengaran orang menjadi serigala bagi orang lain. Padahal awalnya rencana Allah menciptakan manusia adalah menjadi sesama bagi yang lain, menjadi sahabat bagi yang memerlukan. Sejak awalnya arsitektur bangunan kebaikan Allah sudah diberikan kepada manusia, supaya diikutinya.

Ini mengingatkan kita bahwa memang orang Kristen bukan hanya berada dan tinggal disini menjadi pengikut semata. Ia adalah ciptaan yang berkaki dan bertangan membantu sesamanya, serta punya hati untuk merasa. Tetapi juga ikut membangun bait kebaikan Allah disini. Orang percaya hadir bukan hanya untuk dihitung tetapi juga diperhitungkan di jagad ini sebagai makhluk ciptaan Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s