Na monang i ma bahenonKu manganhon parbue ni hau hangoluan, na di Paradeiso ni Debata! Pangungkapon 2, 7b

Orang tua yang satu ini memang patut dijadikan teladan. Sejak tahun 1980-an, saat ia masih aktif sebagai guru di SD Inpres Marihat Huluan, Kec Pamatang Sidamanik ia juga sudah dipilih sebagai Guru Huria di HKBP Jorlang Huluan. Selama hampir 20 tahun itu ia setia melakukan tugasnya sebagai guru dan juga penatua di jemaat yang banyak tantangan di dalamnya. Terkadang tersita waktunya
seharian hanya untuk menanti calon pengantin yang rupanya jam karet; atau berjam-jam untuk menasehati seorang bapak kepala keluarga yang mau ringan tangan kepada anak dan istrinya. Ia mau menempuh berkilo-kilo hanya untuk mengikuti sermon yang dihadiri tak seberapa orang.

Satu kelebihan dari St Thian Ridwan Ambarita ini adalah kesabaran dan kejujurannya dalam menyelesaikan segala sesuatu permasalahan di tengah jemaat, masyarakat maupun di keluarganya. Pun setelah dia pension, bah tak kendor pula kerajinannya melayani. Dia bukan lagi Uluan ni Huria, bukan lagi guru, biasanya segera mengidap postpower syndrome; alih-alih dia mengalihkan kami pada teladan yang baik. Terkadang memang kami lihat dia harus menderita, lelah dan tidak semua anaknya mendukungnya; tapi menurut saya dia akan ikut melahap buah kehidupan di taman firdaus Allah.

Mungkin bukan disini dan sekarang. Tapi buah kehidupan itu akan diberikan Tuhan kepada mereka yang setia hingga akhir hidupnya (2, 10) ibarat mahkota kehidupan tiara yang menghidupkan menandakan keikutsertaan kita, Sdr dan saya dalam rumah keabadian Bapa. Setuju !?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s