Ahu do Jahowa Debatam, na manogihon ho ruar sian tano Misir, sian bagas parhatobananmu; 5 Musa 5,6

Akh, Anda pasti pernah mendengar atau singgah di rumametmet.com. Anda pasti pernah membaca serial renungan harian a la rumametmet itu. Pernah ada soposopo, partungkoan, saposapo, atau gubuk atau bahkan kafe tempat singgah, duduk dan ketemu dengan banyak tulisan tapi tak seperti blog ini.
Kalau Anda sering singgah sebentar, pasti Anda harus memberi komentar disitu. Karena renungannya tak menggurui ibarat Pajonok apalagi Mendekat. Akh, kalau Anda rutin membacanya, pasti tahu apa rahasia renungan didalamnya. Akh, Anda pasti pengunjung tetap kalau bukan penggemarnya. Ya, Anda pasti sudah tahu apa yang membuat tulisan-tulisan di dalamnya enak dibaca.

Menurut saya, ciri khas dalam renungan itu adalah, akh sudahlah Anda pasti sudah tahu. Pertama adalah kesederhanaan. Bukan berarti tak membaca buku untuk menuliskannya, memang tulisan didalamnya adalah firman Tuhan yang diterjemahkan secara sederhana dan mudah dimengerti. Ini yang pertama, ya Anda sudah tahu bukan!? Yang Kedua, adalah kesederhanaan. Renungan rumametmet ini ternyata tak juga metmet (kecil) lihat saja ratingnya bahkan jauh diatas site resmi hkbp.or.id. Bah, artinya? Artinya memang kesederhanaan itu tampak dari swakelolanya bebas dari hirearkhinya. Tak lama, ibarat makanan yang dihidangkan pagi ini, ya pagi ini juga dimasaknya. Ibarat sop, ia adalah sop hangat yang siap disantap.
Ketiga, kesederhanaan. Ya, seperti Anda tahu kesederhanaan itu bukan berarti segala tahu. Firman itu memang seharusnya bisa menjawab segala persoalan hidup, ia berlaku sepanjang jaman sepanjang ia dimengerti dengan sederhana. Mungkin perlu diulang, dan terus digumuli seperti pernyataan Allah hari ini. Sederhana saja, supaya bangsa itu tetap ingat Allah-lah yang menajadi juruselamat mereka, membwa keluar dari tanah perbudakan Mesir dan menghantarkannya ke suatu tempat dimana mereka dapat berdiam dengan sejahtera dan berkat dari Allah. Jawaban itu ya sesederhana itu, akh Anda pasti sudah tahu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s