Sai didongani Debata do ho di sude na niulam; 1 Musa 21, 22b

Beberapa lama waktunya Abraham harus tinggal di jalur gaza sekarang, di tanah Filistin. Ini menjadi tempat dimana kedua suku bangsa ini berebutan dalam sejarah nenek dan kakek moyang mereka tentang sejarah siapakah sebenarnya yang pertama sekali mendiami tanah Palestina ini. Tentang ini terus menerus ada perdebatan dan perselisihan antara keduanya. Padahal dulunya Filistin yang lebih dulu datang dan mendiami daerah sekitar pesisir dan pinggiran laut, mungkin karena mereka adalah bangsa petualang. Datanglah nenek moyang Israel yang rupanya lebih tertarik pada bercocok tanam dan mendiami daerah pedalaman, mengusahai tanah dan ternak disana.

Tapi perdamaian dan ucapan syukur yang disampaikan kedua tokoh dalam teks ini, Abraham dan Abimelekh mungkin tidak akan ditemui lagi pada zaman ini. Keduanya bersumpah dan berjanji di hadapan Tuhan tentang perlunya saling mengingatkan dan menghormati. Keberatan-keberatan wajar untuk disampaikan, namun tidak menjadi penghalang bagi kedamaian. Dari hati seperti itu keluarlah berkat Abimelekh itu, berkat sekaligus doa permohonan kepada Allah.

Sekarang!? Membuka lahan, membuka mata air dan mengalirkannya, mulai memeta sawah, kemudian untuk meluku atau membajak, menanam, memupuk, menyiangi, merawat, membuat pengusir hama, dlsb. itulah makna pekerjaan. Sebab pekerjaan disini berarti banting tulang; peras keringat supaya mendapat kehidupan. Pekerjaan itu juga berarti mencangkul, mangombak balik, marbabo, dan tak ketinggalan juga harus membeli pupuk yang sering langka, menjemur, menyimpan, dlsb. Pekerjaan disini berarti kompos. Tak satupun yang ditanam tanpa kompos.
Semoga Tuhan memberkati kompos.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s