Jala marsijouan ma nasida songon on : “Na badia, na badia, na badia do Jahowa Zebaot, gok hamuliaonna liat portibi on”; Jesaya 6,3

Ironi yang diceritakan Prie S. kemaren di SMART FM adalah saat soal batas-batas kewajaran emosi kita. Dia akan sangat berang dan geram sampai-sampai menghardik anaknya, yang kedapatan menghapus tulisan di komputer bapaknya yang sudah bersusah payah mengetik. Tulisan yang belum disaving itu kemudian hilang begitu saja; dan amarah si bapak tak tertahankan lalu dia memarahi anaknya. Tapi tak lama kemudian sang bapak menjadi sangat kasihan melihat anaknya yang menangis sampai sesunggukan. Kembalilah hatinya kasihan kepada anaknya. Emosi seperti ini katanya adalah wajar, kewajaran yang menyehatkan manusia. Wadhuh, bagaimana ini. Betul.!?
Kita akan menghujat dan sangat benci pada seorang pencopet itu; untuk kemudian menjadi sangat kasihan kepada si pencuri itu saat dia babak belur dihantam massa. Wajar bukan, masa `kan benci dan kasihan melulu. Jadi menurut motivator ini semua fluktuasi emosi ini wajar Saudara. Nikmatlah.

Dengan keterbatasan emosi seperti ini mungkin SUCI adalah kata yang dapat diartikan kudus, bersih, tak beraib, steril, super bersih, tak bercacat, tak berkudis, dst dts. Untunglah kata ini adalah sorak sorai para malakh yang memang tentang keterbatasannya berbeda dengan manusia. Yang kita pelajari adalah bahwa Allah adalah Allah yang tidak terbatas, yang maha kuasa dan melampaui segala penjuru dunia sebab Dia menjadikannya. Untuk yang satu ini kita tidak bisa tidak mengamini dan mengimani bahwa Allah kita adalah Allah yang mahakuasa memenuhi hidup kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s