Ai dibagasan Ibana do maringanan sandok gok ni hadebataon marrupahon daging. Dibagasan Ibana sahat nang tu hamu hagogokna i; Kolosse 2, 9-10a

jorlang-inilahYang membedakan manusia dari Sang Illahi adalah kesempurnaan yang ada pada-Nya dan kefanaan yang selalu lekat dengan manusia. Dia merupakan Allah yang kekal dan tidak akan terbatas oleh waktu, tempat dan segala sesuatu apapun di dunia dan sorga, sebab Dia yang menciptakannya. Sedang manusia, adalah makhluk yang sangat terbatas kemampuan, kekuatan dan hidupnya. Ia selalu dan memang tergantung pada sang Pencipta itu. Jadi kenyataan ini menyadarkan kita bahwa Allah adalah Dia yang tidak terbatas dan manusia adalah aku, kita yang sangat terbatas.

Jadi kalau manusia mempunyai sedikit kemampuan dan bisa bertahan hidup itu adalah melalui Dia yang memberi dan menganugerahkannya. Kalau manusia bisa melakukan pekerjaan dan memikirkan apa yang perlu dalam hidupnya, itu pun adalah melalui Dia. Semuanya melalui Dia yang menjadi pemurah memberi dan memberi. Sampai hari ini Dia tak lelah hanya memberikan tak kunjung usai rencana-Nya memberi kepada manusia, supaya manusia mempunyai daya dan immun.

Karena itu menurut saya kata kunci dalam teks ini adalah di dalam Dia, DI DALAM DIA ADA KEPENUHAN. Hanya di dalam Dia kita menemui jawab atas pertanyaan-pertanyaan kita; di dalam Dia kita bisa mempertanyakan kembali jawaban-jawaban atas doa kita. Di dalam Dia tetap ada misteri yang mungkin belum dan tak akan kita mengerti tentang semua perjalanan hidup dan pekerjaan kita di dunia ini. Di dalam Dia, meski harus menderita dan menanggung sakit namun ada kesembuhan dan penghiburan. Di dalam dia harapan hidup dan selamat meski harus melalui sekarat dan menderita. Di dalam Dia kekuatan yang pulih biar pun harus membanting tulang hari ini untuk mencari makan. Di dalam Dia tetap ada alasan-alasan mengapa ironi hidup memang ada; sebentar menghujat dan benci untuk sebentar kemudian belas dan iba kepada orang yang sama. Hanya di dalam Dia.
Begitulah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s