Belas Yang Kasihan

Alkisah wak Nasrudin akan akan mengadakan hajatan pesta, tapi dia tak punya belanga yang cukup besar untuk memasak daging. Jadi dia meminjam belanga tetangganya yang cukup besar, dan berharap bisa memasak daging lebih banyak.
Si tetangga kemudian meminjamkannya. Nah, selang beberapa minggu setelah pesta itu Nasrudin sang mullah datang hendak mengembalikan belanga tetangganya itu. Tapi sekarang dia membawa dua belanga, yang besar dan satu lagi yang belanga yang kecil. Si tetangga heran, kenapa dia memulangkan dua belanga. “Waktu dirumahku, belangamu beranak!”, kata Nasrudin. Tetangganya heran dan hampir tak dapat menerima kedunguan si Nasrudin. Tapi, bukankah untung? Bercampur heran dan senang, si tetangga menerima saja, bahwa belanganya bisa mempunyai anak.

Di lain hari Nasrudin ingin mengawinkan anaknya. Jadi dia meminjam lagi belanga si tetangga. Tanpa banyak pikir si tetangga dengan girang memberikan belanganya. Namun beberapa minggu setelah pesta usai si Nasrudin tidak juga kunjung mengembalikan belanganya. Jadi tetangganya itu heran, dan pergi ke rumah Nasrudin. Tapi apa jawab Nasrudin? “Itulah kenapa aku tidak datang ke rumahmu, belangamu sudah meninggal!” kata Nasrudin. Ha!? Meninggal, tidak mungkin. Mana bisa belanga mati?! Kata si tetangga. Kenapa tidak mungkin, waktu belangamu dulu beranak kau tidak bilang tidak mungkin, sekarang dia sudah mati.

Pesannya, mungkin belas kasihan ini adalah bentuk bantuan kepada sesama dengan mengharapkan pamrih. Selama itu menguntungkan maka dia bersedia membantu dan disamping itu bantuannya tidak tulus karena mengharapkan ada balas dari yang dilakukannya. Belas kasihan yang tulus mungkin terjadi dimana dan kapan saja. Orang-orang seperti ini perlu dikasihani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s