Kotbah Tahun Baru 2009

Momen tahun baru ini tentu tak akan kita lewatkan begitu saja. Seperti doa-doa obral yang seringkali diperdengarkan, “Ya Tuhan, kami tak tahu apa yang akan terjadi pada hari-hari yang akan datang,.. karena itu kami hanya berserah kepada-Mu saja”; dan setelah itu akan menghabiskan berbotol-botol bir dan minum kemasan lainnya sambil bermain kartu, katanya untuk menunggu pukul 00.00 parsirangan ni taon. Dan memang akhirnya tahun baru itu datang, hanya selang beberapa saat sesudah hampir tak sadarkan diri, karena banyaknya minuman beralkohol yang diteguk, dan makanan lainnya yang berserakan disana sini, asal masuk.

Apakah yang akan dikotbahkan pada tahun baru ini. Maksud saya tahun baru seperti ini. Seperti ini, ibarat tahun yang diawali dengan ketidaksadaran, atau kurang sadar. Karena itu sebaiknya kita mengawali dan menjejakkan kaki ini di tahun yang baru ini dengan kesadaran dan penuh kewaspadaan kalau bukan kewarasan. Menjadi waras di awal tahun 2009 nanti, mungkin lebih baik daripada terkapar, hampir tak sadarkan diri. Karena itu menurut saya sebaiknya, kotbah tahun baru berbicara sekitar kesadaran, kewarasan dan kesiapsiagaan dalam menjalani hari-hari ini.

Menurut Bishop GKPI (gereja Kristen protestan Indonesia) ada kesepakatan dalam gereja-gereja yang bernaung di sekber uem, bahwa kotbah awal tahun baru (yang dibacakan begitu saja), biasanya begitu; adalah tema “beribadahlah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya” (bahasa Indonesia) dan “..gabe parhalado halomoan ni Debata” (batak) yang berdasar dan tertulis di Ibrani 12, 28b. Jika diartikan sebenarnya artinya jauh berbeda; yang satu berbicara tentang hidup peribadahan dan tindak laku orang Kristen, dan satunya lagi jelas menyalin kata “parhalado” mungkin artinya sintua, diaken, pdt., gr, biv, dll. Yang menjadi pelayan dalam ibadah dan pelakon hidup ibadah (seharusnya). Jadi sebenarnya, ayat yang sama ini bisa diartikan berbeda.
Namun sebagaimana diakui oleh MSE Simorangkir dalam Rongkom – 15 yang dikeluarkan kolportase pusat GKPI, keduanya sebenarnya tidak bertolak belakang; bahkan sebenarnya saling menyokong dalam pengertiannya. Hidup peribadahan dan para pengerja (gereja), keduanya adalah dua hal yang saling mendukung dengan tujuan yang sama untuk memuliakan nama Tuhan.

Dengan tema itu, GKPI menetapkan kotbah awal tahun 2009 adalah berdasar pada Yesaya 65, 17-24. Tema pembaruan yang diusung gereja ini berdasar pada hasil sinode dan rapat-rapat pdt., terutama di Ciloto, yang berlaku sd 2010. Allah yang menciptakan langit dan bumi yang terus menerus diperbaharui. Perikop ini dipilih oleh tim yang mempersiapkan bahan-bahan renungan secretariat bersama United Evanggelical Mission (Sekber UEM).

Dengan terang tema yang sama HKBP memilih teks Lukas 6, 36 “Jadilah murah hati, seperti Bapamu adalah murah hati”; Gabe parasi roha ma hamu, songon Amamuna parasiroha i”. topik ini dipilih Ephorus HKBP sesuai dengan perayaan demi perayaan menyambut Jubileum 150 Tahun HKBP pada 2011 yad. Dan TAHUN DIAKONIA 2009.
Tema Murah hati mungkin bukan hal yang baru dan bahkan sudah menjadi ikon sebagai salah satu tugas gereja untuk menunjukkan belas kasihannya kepada dunia. Dunia yang sekarang dan hari ini masih terus dalam ketidakpastian, krisis yang tampaknya belum mendapat jalan keluar, bahkan diperkirakan akan mengalami kelesuan hinga triwulan pertama, nas ini disuarakan. Tentang kurang lebih 41.000 orang karyawan perusahaan yang sudah dirumahkan; dan kemungkinan dua kali lipat dari itu aka nada PHK pada tahun 2009; kita diajak untuk tetap menunjukkan belas kasih dan iba seperti Bapa di sorga yang adalah pemurah.

Untuk membaca versi pdf. Kotbah awal Tahun Yesaya 65, 17-24, klik disini.
Untuk membaca versi pdf. Kotbah awal Tahun Lukas 6, 36, batak klik disini.
Untuk membaca versi pdf. Kotbah awal Tahun Lukas 6, 36, indonesia klik disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s