Tuhan i do Tondi i; jala ia disi Tondi ni Tuhan i, disi do haluaon; 2 Korint 3, 17

Membaca nas ini bagi saya mengingatkan bahwa salah satu pekerjaan Roh Tuhan adalah memberikan keleluasaan bagi kita untuk memilih yang lebih baik. Karya Roh itu sejak semula adalah untuk menuntun manusia pada kebenaran perintah Allah. Tak pernah pun tuntas difahami, namun pasti salah satu tugas Roh Kudus dari Tuhan adalah mengambil, meraih dan melepaskan manusia dari perbudakan dosa dan dunia untuk menjadi “hamba” dalam kerajaan Allah. Ditarik dari lumpur hidup, liang kubur kematian selama-lamanya menjadi hidup dan selamat.

Itulah kemerdekaan sejati yang diberikan oleh Tuhan melalui Roh-Nya. Ia tidak membiarkan manusia hidup tanpa arah dan tujuan; ia tidak menjadikan manusia dikuasai oleh dunia dan segala godaannya. Ia mengajak, membimbing dan mengarahkan manusia supaya menjadi taat kepada Dia yang adalah Allah yang maha kuasa.

Roh itu pula dalam misi kemerdekaannya yang membawa kita pada pembaruan diri; pada pengharapan guna menuju hidup yang lebih baik. Roh Tuhan yang mendiami segala waktu dan tempat pula yang menghidupkan selalu bahwa meski tinggal secuil, seberkas saja namun masih ada harapan untuk manusia semua. Ada harapan akan tahun-tahun yang lebih baik. Karena itu bagi saya pengharapan hidup adalah bentuk lain dari kemerdekaan sejati dari Tuhan.
Ya Tuhan, berilah kami kehidupan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s