Ida hamu ma godang ni haholongon na binasabasahon ni Ama i tu hita, ai targoar do hita angka anak ni Debata, jala angka i do hita tutu. Dibahen i, ndang ditanda portibi on hita, ai ndang ditanda anggo Ibana; 1 Johannes 3, 1

Sekali lagi tentang pengasihan Allah atas manusia itu. Belas kasih Allah-lah yang memberi dan menganugerahkan status anak itu kepada manusia. Ia menjadi titel yang tidak sama dengan apa yang dapat dicapai orang di dunia, drs, ir, sth, mth, dr sekalipun; ia adalah gelar yang berbeda. Mungkin karena berasal dari Allah maka orang di dunia tidak mengetahui dan mengakuinya, karena ia tidak berasal dari lembaga di dunia ini. Status ini tidak diraih dari jenjang akademik, sebagaimana dijumpai disini. Ia dicapai dengan kerendahan hati mau menerima Allah sebagai mahaguru yang Agung, yang mengajarkan jalan-Nya kepada manusia itu.

Memang, kita adalah anak Allah. Penegasan ini seolah mau mengingatkan kita bahwa betapa pun pekerjaan dan lingkungan kita, kita sudah menerima tahbisan ke-anak-an oleh Allah sendiri. Dalam banyak bagian di dunia ini, orang sering lupa tentang dirinya yang adalah anak; gambaran seseorang yang harus patuh dan hormat kepada Sang Bapa. Kita tidak sebatas “tamu Allah” yang mungkin terbatas hak dan kewajibannya; tetapi kita adalah anak, yang menjadi pewaris akan harta surgawi yang mulia yaitu keselamatan jiwa kita dan kehidupan selama-lamanya.

Pun di penghujung tahun 2008 ini, firman ini mengingatkan kita sebagai anak; menyongsong tahun yang baru meski dengan seribu satu ketidakpastian pekerjaan, keluarga, masa depan. Kita menjadi kuat dan seharusnya menjadi berbeda dengan pengharapan akan hari dan waktu yang lebih baik pada tahun yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s