Nunga tatanda jala tahaporseai holong ni roha ni Debata di hita; 1 Johanes 4, 16a

Sekali lagi tentang kasih Allah. Kasih AGAPE. Ini sejak awal sudah diperkenalkannya kepada kemanusiaan. Ia tidak mencuri-curi waktu untuk memperkenalkan dirinya seperti para caleg sekarang ini di pesta-pesta dimana saja meski tak diundang. Ia dalam setiap kesempatan, suka dan duka selalu mendampingi manusia; suka, supaya suakcita untuk memberikan kehidupan, keceriaan dan semangat dalam melanjutkan hidup. Duka, ia tetap membimbing dan menopang manusia, supaya justru dalam penderitaan dan susahnya hidup ia memberikan pertolongan dan penghiburan kepada semua orang. Demikianlah kasih AGAPE menghidupkan kita.

Kasih itu sudah kita kecap. Sebagaimana kesaksian iman pemazmur, terpujilah Tuhan karena untuk selama-lamanya kasih setianya. Tak terbatas oleh waktu dan kesempatan-kesempatan tertentu; tapi setiap kesempatan. Mengenal dan mempercayai ini semua mungkin membutuhkan waktu dan perenungan yang panjang dan lama, menyerapkan kasih itu begitu Agung.

Yang membuat orang kurang percaya dan yakin biasanya adalah bukti. Dan memang harus diakui kita semua memerlukannya, untuk melanjutkan pekerjaan kita. Apakah ini semua akan berjalan dengan baik; apakah semuanya akan berakhir dengan sukses? Saat orang sebenarnya menganggap harga 4500 perak adalah harga yang pas untuk seliter premium, 8 ribu rupiah untuk sekilo minyak makan, selama itu orang akan tetap menunggu. Tapi tentang penyertaan Allah ini, renungan-renungan NATAL mengingatkan kita betapa memang Allah sudah membuktikan, dan terbukti sepanjang sejarah mengasihi seluruh manusia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s