Diboto hamu do, na mambuat angka dosanta do Ibana, umbahen na ro; ndang adong dosa anggo dibagasan Ibana; 1 Johannes 3, 5

Seakan mengingatkan kita bahwa memang tidak ada misi Tuhan yang lain datang ke dunia ini selain untuk menghapuskan (mambuat) dosa seluruh manusia. Misi itu sejak awalnya sudah sangat jelas dan terbuka diberitakan kepada semua orang. Di saat banyak orang meragukan kedatangan-Nya; dimana banyak orang menyangsikan ke-Tuhan-an-Nya; dan waktu dimana manusia sering memperkecil makna kerelaan-Nya menjadi hamba. Orang pada masa ini berfikir untuk bekerja sekaligus, dalam satu pekerjaan akan ada banyak urusan selesai; pola multitasking; Tuhan menunjukkan teladan untuk memenuhi panggilan dan fokus kepada tugas itu. Dan akhirnya Dia menyelesaikannya.

Kenyataan ini sering dilupakan menganggap bahwa karena dosanya seorang Kristus harus menderita dan dihukum pada jamannya. Padahal kedatangan-Nya adalah karena misi yang jelas itu dalam rangka penyelamatan seluruh kemanusiaan. Itu menjawab keraguan dan kebuntuan, memberi angin segar atas kerumitan hidup dan segala tantangannya. Itulah makna kedatangan-Nya.

Nas hari ini mengajak kita menyukuri juga bahwa kita masih diberi kesempatan untuk ikut merayakan peringatan akan kedatangan-Nya ke dunia ini. Setelah kemaren selesai dengan perayaan Advent yang terakhir dalam minggu-minggu ini, sekarang patutlah kita ucapkan SELAMAT NATAL. Mengucapkan ini, mendengarkan senandung NATAL, membeli dan memasang perhiasan-perhiasan NATAL juga seharusnya mengingatkan kita betapa kedatangan besar itu perlu dipersiapkan dan dirayakan dengan hati yang penuh sukacita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s