Dibahen i songon on do hata ni Tuhan Jahowa : Ida ma, Ahu paojakhon sada batu, batu na niuji, sada batu parsuhi na arga bahen ojahan na hot; manang ise na porsea di Ibana, ndang tagamon maporus; Jesaya 28, 16

Sejak awal nubuatan nabi Yesaya ini mau menunjukkan rencana Allah tentang sang Mesias. Itu diperlakukannya sebagai kepedulian-Nya atas bangsa itu, bangsa Israel. Meski mereka harus terbuang, tetapi Allah memberi kekuatan kepada mereka bahkan saat di pembuangan itu. Bahkan, tempat pembuangan itu dijadikan alat untuk mengajar mereka supaya mencari Tuhan. Sudah berlalu berates-ratus tahun, namun janji itu tetap kokoh, hingga kedatangan sang Mesias Yesus Kristus. Dialah puncak segala janji dan nubuatan yang disuarakan itu.

Batu penjuru dalam teks ini menuju kepada Yesus Kristus. Seseorang yang mendirikan rumah, mesti memperhatikan adanya batu penjuru yang menjadi fondasi rumah itu. Hingga kini orang tidak akan mendirikan bahkan bangunan dengan konstruksi mutakhir sekali pun tanpa fondasi. Ia adalah batu pilihan; yang teruji dari semua batu yang ada. Jika batu itu adalah batu asalan dijadikan batu dan fondasi, niscaya bangunan itu adalah bangunan murahan, dan bisa saja yang mendiaminya akan menjadi murahan. Kata pepatah Batak, sega mandasor seang luhutan. Batu itu begitu berharga, dan itu tampak dalam perlakuannya. Harga yang mahal ditunjukkan Yesus sendiri saat Dia mati di kayu salib untuk menjadi kurban kesembuhan dan keampunan dosa seluruh manusia.

Percaya pada “batu”, mungkin bukan itu yang hendak dikatakan teks ini. Kini banyak orang masih percaya pada giok, batu permata yang dianggap bisa mendatangkan khasiat baginya; tentang pelaris, jodoh, masa depan, dst. Batu yang dipakai untuk mendirikan bangunan kemanusiaan orang percaya itulah yang dikatakan teks ini; ALLAH sendiri meletakkannya dan menahbiskannya. Oleh sebab itu, karena Dia yang teruji dan terpercaya yang memberikannya, patut kita percaya. Kita tidak akan merasa gentar dan gemetar mengadapi kenyataan hidup betapa pun sulitnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s