Dok ma tu nasida : Songon sintongna mangolu Ahu, ninna Tuhan Jahowa, tung na so lomo do rohangKu mida hamatean ni halak parjahat i, so ingkon mida hamumulak ni parjahat i tumadinghon dalanna i nian, asa mangolu ibana. Antong sai mulak ma hamu tumadinghon dalanmuna angka na jahat i! Boasa tung tagonan mate hamu, ale pinompar ni Israel? Hesekiel 33, 11

Nas yang seringkali menggambarkan kasih Allah kepada manusia sepanjang masa. Ia memberitakannya melalui Hesekiel kepada bangsa Israel, dan para pemberita firman pada masa lalu, kini dan pada masa yang akan datang kepada manusia segala angkatan. Terasa menyengat, sebab ia menjadi sebuah pergumulan yang terus menerus setiap orang, sebab siapakah sebenarnya yang lepas dari tindakan yang disebut kefasikan? Sipakah mereka yang tidak pernah silap dan salah berbuat, berkata dan berfikir.

Kata kunci dalam teks ini menurut saya adalah Tuhan ALLAH, dan yang kedua adalah Tuhan ALLAH dan terakhir adalah Tuhan ALLAH. Lho, kenapa Tuhan ALLAH? Ya, memang. Tuhan ALLAH dengan kasih dan kesabaran-Nya adalah awal dari tekad kita untuk mau bertobat dan melakuakan perobahan. Tuhan ALLAH pula yang memberi teladan kepada petobat bahwa Dia adalah kudus dan benar, dan itu menjadi tiruan baginya. Dan terakhir, Tuhan ALLAH pulalah yang memberikan upah dari pertobatan sejati, alih-alih kematian tetapi memberikan kehidupan dan kehidupan itu adalah kehidupan selama-lamanya.

Syair lagu Nikita yang seharusnya sudah kami ajarkan kepada anak kami (biar belum tahu ngomong dia hehe..) betul itu. Kisah si anak bungsu yang pergi tinggalkan bapaknya; tapi bapaknya terus mengharapkan bahwa anaknya satu waktu akan pulang dan kembali padanya. Dalam Lukas 15 jelas digambarkan betapa sukacita si bapak saat anaknya kembali, karena pada dasarnya hatinya selalu dipenuhi dengan ampun. Ada AMPUN untuk kita, untuk saya dan Anda semua. Sama seperti kerinduan Bapa anak-anak-Nya, manusia mau kembali dan menyesali perbuatan-perbuatannya dan kembali ke rumah Bapa yang penuh rahmat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s