Patuginjang ma tohangmuna, hamu ale angka harbangan, patuginjang ma hamu, ale angka pintu sian na robi, asa bongot Raja ni hamuliaon; Psalmn 24, 7

Pemazmur merasa bahwa kemuliaan Allah, Sang Raja Kemuliaan direspon dengan gegap gempita oleh setiap orang percaya. Kenyataan bahwa Allah adalah sang Raja kemuliaan, yang lebih mulia dan agung dari segala yang pernah ada di bumi ini; bahkan kerajaannya dengan segala kemashyuran, kekuatan persenjataan dengan segala kecanggihannya, ilmu pengetahuan dan teknologi dengan segala keunggulannya. Jika pemazmur berbicara tentang kehadiran Allah di bait kudus-Nya; pada zaman ini Dia hadir dalam setiap kehidupan orang percaya : dalam pekerjaan, persekutuan dan pekerjaan kita setiap hari. Tidak terkecuali dalam setiap gerak langkah manusia, yang dimintanya menjadi tempat kudus dimana Dia mau bersemayam dan bekerja.

Bahwa semua pintu gerbang dan pintu yang berabad-abad lamanya diam tak bergeming, siap untuk membukakan diri kepada seseuatu yang datang dan belum pernah ada. Kenyataan yang tidak pernah terjadi dalam sejarah kini dibukakan dan dilakukan oleh Tuhan Sang Raja Damai.

Sebagai orang percaya kita dituntut juga membuka diri tentang kenyataan bahwa memang Allah kita adalah Allah yang menjadi juru damai. Ia mendamaikan manusia dengan diri-Nya, melalui pengorbanan AnakNya Tuhan Yesus Kristus. Ia mendamaikan dunia ini dengan kerajaan-Nya; dunia yang penuh dengan kekacauan dan bergelimang dosa dengan sorga yang penuh dengan keadilan dan kekudusan. Mendamaikan tempat di mana hampir setiap orang tidak terluput dari kecurangan dengan tempat dimana hanya ada kebenaran yang dari-Nya (2 Petrus 3, 13).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s