Alai tagamon jumpang ni Anak ni jolma i ma haporseaon di tano on di haroroNa i? Lukas 18, 8b

Lukas, sebagai seorang tabib memang menggambarkan bahwa perjalanan hidup seseorang tidak hanya terdapat di dunia atau keberadaan masa yang akan datang. Ia juga berpengharapan akan kehidupan yang dijalani sekarang dan di dunia. Jadi menurut saya karena dia adalah seorang tabib rasa curing-nya pada pasiennya mungkin yang berbicara kali ini. Mungkin maksudnya menjaga kesehatan jauh lebih baik daripada berobat kesana kemari, habis uang ke penang.

Hari gini masih ngomongin parousia?? Mungkin tanya orang sebagian. Namun itulah yang akan dikatakan oleh firman ini. Lebih seperempat memang nas kitab suci berbicara tentang kehidupan orang percaya pada waktu yang akan datang. Dus, tiga perempatnya berbicara tentang kekinian kehidupan orang percaya itu. Jadi sekali lagi yang mau dikatakan oleh Lukas adalah kekinian kesiagaan, kebergegasan orang percaya dalam imannya akan Tuhan Yesus Kristus. Dengan tidak mengurangi hormat pada keadaan percaya pada waktunya (maksudnya saat kedatangan Kristus kedua kali) iman itu juga dibutuhkan sekarang dan disini. Akankah Ia menemui iman di tanah ini; di bumi dan di ranah pekerjaan kita. Pertanyaannya, bumi berimankah?

Curing faith. Iman yang menyembuhkan. Menyembuhkan sakit, lelah, bosan, galau dan bimbang manusia. Jadi baiklah, disini dan sekarang lah yang dimaksud oleh Lukas. Barangsiapa yang setia memelihara iman percayanya hingga waktunya, merekalah yang akan mendapat warisan kehidupan sadokah ni dokah ni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s