Ai ndang adong di hita dison huta na hot; alai dilului rohanta do na ro sogot; Heber 13, 14

Nas ini tidak mengajak kita untuk berfantasi ria memvisualisasikan bagaimana sebenarnya nanti sorga, tulis Pdt Eka Darmaputera dalam serial terakhirnya, 365 ANAK TANGGA MENUJU HIDUP BERKEMENANGAN. Itu berarti bahwa manusia dalam keterbatasannya, meski sudah sarjana, sarjono atau apa saja dalam keterbatasannya memang tidak akan memahami apa yang digambarkan kitab suci tentang sebuah perkampungan, ghetto baru yang akan menggantikan tempat kediaman yang kita huni sekarang.

Proses pencarian kita sebenarnya adalah pencarian dalam iman tentang sebuah tempat yang akan disingkapkan oleh Allah. Karena ternyata yang kita diami, kita huni dan kita kira adalah “tanah Kanaan” disini, di dunia ini akan berakhir dan berujung pada kefanaan. Ada satu tempat, kota dimana kita akan diam disana untuk selama-lamanya. Ada satu wilayah keimanan, yang kita ketahui sebagai tujuan perjalanan kita. Itulah tempat kemuliaan Tuhan, dimana kita akan turut serta didalamnya.

Namun rasul Paulus juga dalam sebuah suratnya menyatakan sebuah kemuliaan lain tentang kediaman Allah. “Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh” (Efesus 2, 22). Itu berarti perjalanan dan pencarian kita sebenarnya membawa kita menyatu dengan Dia – menjadi tempat kediaman Allah.

Proses pencarian kita bukan tidak berarti. Cukuplah kita tahu tujuan kita. Kita sedang menuju kesana dan berusaha untuk tiba dengan selamat, bukan? Jadi baiklah kita juga menganggap bahwa tujuan kita sudah pasti, sekarang selalu bersiap-siap dan bergegas menuju kesana disini dan sekarang.

Advertisements

2 comments

  1. halo
    nah lo, memang kita sedih ya kalau ada rumah terpaksa dibongkar karena tak ada imb-nya.
    menurut saya, ya itu kesegeraan kita juga tampak dalam mengurus imb, pajak, dll. itu, masih banyak gereja yang belum jelas juntrungnya tentang sertifikat tanah.

    walah, kok malah masalah tanah ya. maksud saya, supaya orang jangan terkesima disini. disini hanya sementara, ada yang lain, yang baru dan lebih menjanjikan kehidupan.

    trimakasih linknya, saya buka.
    bravo blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s