Usaha Menjual Hari-hari

Mungkin terjemahannya tidak begitu tepat dalam bahasa Melayu (Indonesia) ini. sebab yang dikatakan orang adalah “mangadis ari-ari“. Ari-ari adalah kebiasaan di Jorlang Huluan untuk menggaji atau bekerja di ladang atau sawah orang lain. misalnya, seorang pekerja perempuan mendapat imbalan rp. 25ribu perharinya; sedangkan kaum laki-laki atau bapak rp. 30ribu/ harinya.

Dulu saat membuka umbul atau mata air untuk Air Minum ke nagori Jorlang Huluan, masyarakat bergotongroyong dengan tenaga selain materi yang diberikan untuk membangun usaha ini. Ada kl 23 hari yang diperlukan dari satu orang yang akan menjadi anggota dalam PAM Nagori ini. 23 Hari artinya mulai merintis, mencari dan membuat selokan untuk jalur pipa paralon yang akan mengalirkan air ke desa. Selain itu untuk segala kebutuhan logistik, diperlukan dana kl 500 ribu perorang atau per keluarga yang dibayarkan secara mencicil. Tenaga atau ari-ari ternyata bisa juga dijual kepada orang lain. Jadi kita bekerja untuk orang lain yang tidak sempat waktunya dan tenaganya untuk bekerja. Jadilah ada orang yang menjual “ari-ari”, atau seperti diterangkan diatas tenaganya menggaji untuk orang lain.

Mana ada orang yang bisa menjual hari-harinya?? Di Jorlang ada. Hal ini terungkap dalam perayaan Ulang Tahun ke-4, usaha Air Minum di Nagori ini.Kini sudah berjalan 4 tahun sejak dibuka dan diusahakan pada Nopember 2004 lalu. Dengan dana yang didapat dari pembayaran tagihan air anggota, yang Rp. 500 per meternya ditambah dengan biaya beban yang dibayar tiap bulan, Rp. 3000 maka didapat kas yang sekarang mencapai Rp. 6 juta. Jumlah ini sebenarnya tidak banyak, mengingat akan banyaknya keperluan yang dibutuhkan usaha ini, terutama perawatan dan perbaikan instalasi pipa yang panjangnya hampir 3000 meter dari Umbul hingga ke bak penampungan di Jorlang Huluan.

ari-ari-2-airAcara ulang tahun kali ini diadakan pada tanggal 15 Nopember lalu, yang diadakan di halaman rumah natuatua ni huta, Op Diogenta Siallagan. Sebagai ungkapan syukur sekaligus permohonan kepada Tuhan, supaya air minum yang sangat diperlukan ini dapat tetap bertahan dan dipakai masyarakat. Harapan-harapan disampaikan kepada para pengurus dan terutama kepada semua pelanggan, supaya dapat saling bahu membahu mengembangkan usaha ini demi kesejahteraan dan kesatuan masyarakat di Nagori ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s