Hari Guru di Jorlang Huluan

guru-jorlang-huluanPosting ini tidak akan berarti apa-apa sumbangan untuk para Guru di SD Negeri Pamatang Jorlang Huluan. Disini ada beberapa guru, diantaranya Pak Amir Damanik, SPd; br Siahaan, br Silalahi, br Ritonga, br Purba, br Manik, br Sumbayak dan juga Bapak Junah Sidabutar.
Mereka adalah tulang punggung sekolah negeri di nagori ini. Pernah juga ada orang tua anak-anak,dan bukan siapa-siapa keluarga Manik mengatakan supaya anaknya segera diterima disini padahal umurnya belum 5 Tahun. Bah, kalian pikir kami ini babysitter?? Gan ni parorot hanami!!? Masakan anak belum cukup umur, belum tahu pipis sendiri mau sekolah. Bagaimana ini?

Memang guru adalah profesi mulia sekaligus penuh tantangan. Tantangannya bukan saja dari system pendidikan di negeri ini, juga ada tantangan dari orang tua anak didik. Belum lagi urusan ini dan itu dari dinas pendidikan. Wuih, andai saja semua orang tua tahu bahwa pendidikan sudah semakin mahal.
Lihatlah, tak ada yang perlu dibayar oleh para siswa. Tak satupun kutipan. Dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) dan dana-dana lain sudah cukup membantu, misalnya dengan adanya bantuan untuk pembelian dan pemelirharaan buku.
Jadi mungkin kalau setiap anak disuruh membayar 3000 perak untuk “resepsi” Hari Guru, tidak wajarkah itu?? Sudah wajar lah ya.. Lagi pula anak-anak juga turut makan dari acara ini.

Tidak ada para pengurus Komite Sekolah. Tidak ada seremonial khusus. Mereka cuma berbaris di halaman sekolah, dan melakukan upacara pagi ini tanggal 25 Nopember. Apa yang diharapkan guru-guru dari Perayaan Hari Guru kali ini? Apa ya?? Apa kado yang cukup berarti dari kita semua untuk mereka?? Lihatlah, beberapa anak membacakan puisi yang dikarang atau yang dibuatkan orang tuanya untuk menghargai para guru. Betapa sepi perayaan ini, namun tak seharusnya mengurangi maknanya untuk menghormati para Pahlawan tanpa tanda jasa.. (tapi sering dinyanyikan dengan “jahasa”). Entah apa artinya, namun karena intonasi saat menyanyikannya.

Jadilah ini kado buat para GURU yang sudah mengabdi demi kecerdasan anak-anak bangsa. Semoga diberi Tuhan kekuatan dalam menunaikan tugasnya; mengemban misi mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun insan cendikia.

Bravo Gurunami…

Advertisements

One comment

  1. salam dibagasan holong.
    Gabe taringot iba 34 taon naung salpu. tikki i kepala sekolah L Manurung. Guru : J Siringoringo, OW Nainggolan, A Damanik, R br Sipayung. TANPAMU SAYA TIDAK ADA APA APANYA. Trims atas segalanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s