Ia jolma na tinubuhon ni parompuan i, otik do ariarina, jala mahapan di hangaluton; Job 14, 1

Amangoi amang, begitulah hoihoi dan jerih lelah manusia khususnya orang Batak. Too good to be true mungkin kata orang asing. Itulah orong-orong mereka untuk menggambarkan hidup yang adalah perjuangan dan benturan hidup. Terkadang meski dengan segala upaya dan pengalaman tokh manusia kesulitan menyelesaikan pekerjaannya sehari-hari. Ini menjadi gambaran dari hidup seluruh manusia sepanjang masa, segala tingkatan dan bahkan dalam kemajuan hidup.

Mengapa dengan manusia yang dilahirkan dari rahim seorang perempuan?? Ini menggambarkan kesakitan dan jerih manusia itu serta singkat pula waktunya. Lengkaplah sudah keterbatasan manusia itu. Ia ringkih, mudah terkapar dan terhalau oleh waktu. Waktu baginya seharusnya menjadi suatu yang sangat berharga; tidak dapat ditambah, atau dikurangi. Hanya dapat dijalani.

Kadang-kadang sesuatu yang baru menyenangkan hatinya, dan melupakan segala jerih hidupnya. Sampau datang lagi sesuatu yang lebih baru, mengingatkan dia kepada yang lalu, dan kembalilah lagi kejerihan hidupnya. Akh, seharusnya tak ada yang cukup menjawab pertanyaan-pertanyaan manusia disekitar hidupnya. Hanya firman Allah menjadi satu jawab atas segala keterbatasan dan keringkihan ini. Betapa jerih menuliskan jerih payah dan kesusahan manusia ini ..

Advertisements

One comment

  1. Masa-masa dan kesempatan yang sudah dijalani oleh setiap manusia sejatinya harus kembali dikaji ulang sudah bagaimana dia lalui yang semuanya itu sudah pasti berpengaruh buat orang lain atau setidaknya mempengaruhi dirinya sendiri, karena yang pasti segala sesuatu yang telah terjadi itu tidak akan kembali lagi untuk diperbaiki ataupun diganti. Dengan kata lain bagaimana setiap orang itu membuat hari-harinya menjadi ‘bernilai’ berarti buat orang lain paling sedikit buat hidupnya sendiri (mkn. istilah time is money lebih bijaksana ditempatkan dalam hal untuk berbuat baik/berguna untuk orang lain atau mungkin orang banyak?). Horas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s