OMONG-OMONG MEMORI

Memang susah mengungkapkan dalam beberapa untaian kata untuk sebuah memori yang sudah dilewati beberapa waktu. Lihatlah kita harus mengungkapkan pengalaman bersama, pekerjaan dan urusan yang belum lagi selesai dalam pelayanan ini; terkadang menjadi beban. Tugas itu saja menjadi beban mental yang amat berat; konon lagi harus mengatakannya dalam beberapa kalimat saja. praesseslamaLihatlah bagaimana biasa-biasanya saja ny praesses lama br munthe “martading hata”; untuk pengalaman dan perjumpaannya dengan istri sesama pelayan maupun pelayan itu sendiri.
Namun bagaimana pun juga pemberangkatan hari ini memiliki makna khusus, sebab pdt plasthon adalah anak seorang pendeta. Orang tuanya pdt sabam simanjuntak adalah pendeta yang patut dijadikan anutan dalam kotbah dan perbuatannya, kata dr binsar. Sedang pdt Pieter hutapea, dulu martandang di rumah dinas praesses yang akan mereka tempati mulai besok; ia adalah mantu mantan praesses simanjuntak.
Sesuai dengan topik kotbah minggu ini, Kel 25, 1-9 pdt binsar nainggolan menekankan bahwa memang ibadah hari ini adalah untuk mengucap syukur atas pelayanan para hamba Tuhan praesses di distrik v sumatera timur. Dalam kotbahnya kadep marturia hkbp mengatakan bahwa yang dimaksud dengan undungundung atau bagas joro sebenarnya pada awalnya disampaikan Allah kepada musa adalah kemah (suci). Dalam kemah suci itu, yang dikuduskan dan khusus ada kesempatan Allah untuk tinggal dan berkenan bersemayam di dalamnya. Tentang sikap manusia akan penerimaannya dikehadiran Tuhan ada tiga sikap, skeptis. Manusia skeptis tidak peduli apakah Allah hadir atau tidak dalam hidupnya. Ada juga sikap subyektifitas, menganggap kehadiran Tuhan adalah semata jika kebutuhan dagingnya merasa tercukupi. Dan satu lagi sikap berbahaya adalah relatifisme, menganggap bahwa mereka adalah free thinker, saya sudah bebas dari pikiran dan ketergantungan terhadap yang mahakuasa. Karena itu seorang percaya mestilah seorang yang peduli dan ingin Tuhan bersemayam dalam hidupnya, pekerjaannya; terutama dalam pelayanan seorang hamba yang sudah dikorbankan. Ia harus mengorbankan diri, waktu, tenaga dan juga keluarganya untuk menjadi hamba pekerja Tuhan.

Sesuai dengan SK ephorus hkbp yang dibacakan ka biro informasi hkbp, pdt maulinus w siregar maka pdt plasthon simanjuntak akan menempati pos pelayanan yang baru di ressort bandung barat. Sedangkan pengganti beliau adalah pdt Pieter hutapea, yang semula adalah dosen di stt hkbp pematangsiantar.

praessesbaru1Hingga akhir acara ibadah memangharus diakui bahwa ibadah seperti ini selain agak formal juga memberikan banyak ruang tafsir. Pertama, bahwa keuangan distrik v sumatera timur yang dilakukan pada jumat, 14 nopember lalu sedikit pun tidak disinggung dalam acara ini. Mungkin karena praesses tidak bertanggungjawab pada warga gereja secara umum, dan hkbp kampong Kristen secara khusus dan jelasnya praesses mempertanggungjawabkan keuangan dan kinerjanya pada Sidang Sinode Distrik saja dan kepada kantor pusat sebagai laporan.
Kesan-kesan apalagi yang dapat dipetik dari peristiwa ini?? Entahlah, memang pengalaman beberapa tahun bersama-sama, kadang tidak, sulit untuk diutarakan dalam beberapa kalimat. Banyak sudah yang dilakukan, meski banyak pula yang masih hanya dalam taraf wacana dan retorika. Praesses yang baru memang harus lebih mengantisipasi pluralisme kemsyarakatan di lingkungan distrik v, di pemerintahan kabupaten dan kota pematangsiantar. Masih terlalu banyak kegiatan, dan terutama transparansi keuangan yang harus dibenahi. Pernah dulu digagasi convent pendeta dan keluarga, tapi hanya gondang mula-mula. Naik turun dan pasang surut keceriaan pelayanan, kegiatan oikumene, kerjasama dan toleransi antar agama semuanya harus dilakukan dengan penuh kesetiaan kepada Tuhan. Setia kepada hal-hal kecil dan remeh dan Tuhan akan memercayakan banyak hal yang lebih besar lagi plus tanggungjawab.
Ok, selamat melayani kepada pdt plasthon simanjuntak, d.min di tempat pelayanan baru dan selamat “mamonai ulaon” melaksanakan tugas dan amanat präβes kepada pdt pieter hutapea, mth.

bravo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s