Pangarimpunan ni sude poda naung itabege, on do : Habiari Debata, jala radoti angka tonana, ai i do inana siingoton ni ganup jolma; Parjamita 12, 13

Kesiasiaan segala sesuatu akan menjadi kesimpulan dari tiap perikop yang kita baca dalam kitab Pengkotbah ini. Manusia sebagai ciptaan, waktu dan segala peristiwa yang terjadi di atas tanah adalah segala sesuatu yang siasia. Akan ada banyak orang yang membacanya dengan perasaan sia-sia pula jika dengan pemahaman yang sempit dan sekilas saja. Apa artinya berlelah-lelah, apa artinya bersekolah setinggi-tingginya mencapai langit impian; semuanya akan sia-sia saja kata Pengkotbah dalam kesimpulannnya sementara tiap bab.

Untunglah segala sesuatu sudah berakhir, pembacaan dan perenungan berhenti sejenak pada teks ini, bahwa akhir kata dari semuanya adalah Takut akan Tuhan. Takut akan Tuhan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana semuanya ini akan berakhir. Hanya dengan takut akan Tuhan dan mematuhi segala perintahNya ada jawab atas segala pergumulan kita. Hidup menjadi tidak sia-sia belaka. Pembacaan, perenungan, lelah dan jerih payah manusia di bawah langit ini akan mendapatkan maknanya dengan Takut akan Tuhan. Semua usaha manusia menjadi berarti dan berguna sebab Takut kepada Tuhan. Dapat dibayangkan ia menjadi berkat, menjadi semacam sukacita bagi manusia itu sendiri.

Takut, segan, jerih, takzim, payah kepada Tuhan berarti tidak ada dengki, keberatan dan umpatan dalam hati. Ia bahkan menjadi kesegaran bagi jiwa, menjadi makanan bergizi, menjadi pembebas bagi sukma orang percaya itu. Bebas dari keterkungkungan dan batas-batas, bahkan ia adalah takut yang memiliki kemerdekaan dan kebebasan. Plong

Advertisements

One comment

  1. Horas lae. Aha do kabar? Molo dang sala au, hamu do tahe pandita na di hkbp sarimatondang si tikki i? Ia au, eben ezer siadari do anak ni St Wismark Siadari (GKPS Sarimatondang). Apala di jolo gareja i do jabu nami di Sarimatondang. Mak Jansen ma tante nami, ima tinodohon ni omak namartubuhon au.

    Dung hujaha blog muna on, gabe huboto ma naung pinda do hape lae tu Jorlang huluan ate.

    Selamat melayani ma. Alai marsattabi ma iba molo sala alamat do au on.
    Horas.

    ok, pdt conraad hutahaean do nuaeng di hkbp sarimatondang. sahali do au martingki di gareja i, i ma tingki natal naposo molo ndang sala 2006; jala memang di jorlang huluan do hanami melayani. jadi mudah2n tusi na ma haha..

    horas ma tutu di lae, mauliate singgah di blog on. semoga sukses selalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s