Reformasi Gereja Sudah 491 Tahun

491 Tahun lalu Martin Luther berdiri di depan pintu gereja katolik di Wittenberg dan menempelkan 95 dalil ketidaksetujuannya atas kepemimpinan paus pada saat itu. Dengan adanya surat penghapusan dosa dengan mana membeli surat itu akan dapat menghapus dosa sendiri, kerabat dan orang lain juga termasuk mereka yang sudah meninggal dunia. Pada 31 Oktober 1517 itu dia berdiri diatas kepercayaannya sehingga melahirkan keyakinan bahwa seseorang bisa mendapat keselamatan melalui iman dan kepercayaan kepada Tuhan. Itu pula yang menghantarkan dia untuk mengkritik kebijakan gereja dalam ajarannya sehingga dapat dikembalikan kepada kitab suci.
Para pengikutnya kemudian dinamai Lutheran, dan menganggap bahwa ajaran Luther perlu diteruskan dan dihidupi. Bahwa keselamatan memang didapatkan dari kepercayaan kepada Tuhan saja, bukan karena perbuatan dan amal baik kita apalagi membelinya dengan uang dan emas.
Pernah juga Yeremia diutus Allah untuk berdiri tegak di pintu gerbang masuk ke bait Allah di Yerusalem untuk mengingatkan bangsa Yehuda. Ia harus menyemangati bangsa itu supaya mau meninggalkan Ibadan yang munafik, yang memberi korban bakaran dan persembahan lainnya kepada Allah namun tetap melakukan ketidakadilan, penindasan dan mementingkan diri sendiri. Dalam Yeremia 7, 1-7, Allah menegaskan bangsa yang bandal itu harus memperbaiki jalan dan tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Ibadah mereka akan menjadi ibadah yang sia-sia saja, jika masuk ke hadirat Allah namun tetap melakukan apa yang sangat menjijikkan bagi Allah.
Itulah reformasi bangsa Allah. Mereka harus mau bertobat dan berbalik kepada Allah supaya mendapat kehidupan dan Allah berdiam ditengah-tengah mereka. Panggilan ini adalah panggilan peneguhan Allah bahwa Ia sendiri telah memilih kita, bangsa yang baru untuk menjadi peribadat yang setia kepada Allah. Ia mereformasi kita, hati dan hidup kita menjadi bait Allah dimana Dia berkenan berdiam ditempat yang kudus itu (1 Korintus 3, 16).

Selamat Hari Reformasi !!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s