Jadi porsea ma si Abram di Jahowa, gabe hatigoranna do i dietong Jahowa; 1Musa 15, 6

Sebagai bapa dari segala orang percaya, Abraham disebutkan berulang-ulang dalam kitab suci sebagai teladan kepercayaan. Ia dipanggil Allah untuk dipersiapkan menjadi percaya, dilatih dan dipilih menjadi orang percaya. Puncak keteladanannya ditunjukkannya dengan kerelaanny a memberikan semua yang ada padanya yang menjadi milik satu-satunya bahkan, yaitu anaknya sendiri. Teladan itu diterima bukan saja oleh orang jahudi, Kristen bahkan agama islam mengakui keteladanan Abraham yang penuh rahmat itu. Ia menjadi masa depan agama-agama kata Fridz Sihombing dalam thesisnya; sebab melalui keluarga Abraham, kita bersama-sama dengan agama lain dapat duduk bersama-sama merumuskan cara pandang keimanan kita masing-masing.
Abram percaya? Tidak seketika ia menjadi percaya. Ia sudah melewati satu padang gurun pergumulan untuk dapat sampai ke tujuan dan pelabuhan keimanan untuk percaya. Dan memang percaya memerlukan proses, yang mungkin harus berulang-ulang untuk dapat sampai ke keimanan pada Tuhan. Bahkan proses itu dapat kembali berulang untuk memulai lagi proses percaya.
Perjalanannya menjadikannya sebagai seorang yang benar dihadapan Allah. Dinyatakan sebagai yang benar dan menjadi benar dihadapan Allah adalah berkat kepadanya. Menjadi benar yang bukan berasal dari kebenaran dunia ini yang melihat keimanannya adalah kebodohan dan pengorbanan yang mati konyol; tapi kebenaran yang berasal dari sang pencipta dan pemberi segala sesuatu kepada manusia. Sebab memang tujuan kita bukan untuk mencari kebenaran yang berasal dari dunia, tapi untuk menunjukkan dan menghidupinya di dunia; bukan oleh dunia tapi untuk dunia ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s