Boasa sai mormungutmungut i jolma na mangolu i? Dompak dosana ma nian mormungutmungut be; Andung 3, 39

Keluhan dapat bernilai positif jika berawal dari kesadaran akan kesengsaraan dan kesulitan hidup. Dan dengan demikian ada usaha untuk hidup lebih baik, berusaha untuk mengerjakan pekerjaan lebih baik dan lebih berhasil. Keluhan-demi keluhan seperti ini dapat menghasilkan semangat dan daya juang menghadapi hidup. Jerih dan penat kita dapat membawa perubahan dalam sikap dan kebertanggungjawaban serta keseriusan dalam melakukan pekerjaan. Mungkin tidak ada orang yang tidak pernah mengeluh atas sesuatu permasalahan dalam pekerjaan, mengurus anak, berfikir dlsb.
Setuju..!?

Mengeluh dan baiklah, merengek-rengek adalah salah satu sifat kekanak-kanakan. Itu menunjukkan sikap tidak siap dalam menerima kenyataan karena kenyataan tidak seperti yang diinginkan.
Paling tidak kita harus mengakui bahwa kata mormungutmungut (lebih tepat) adalah sikap childish, kekanak-kanakan yang menunjukkan sikap tidak bertanggungjawab atas apa yang diperbuat dan karena hasil kerjanya.

Ratapan dari Yeremia ini mengundang kita untuk menjadi seorang yang tegar dalam menghadapi masalah. Betapa rumit dan gawatnya persoalan dan permasalahan yang kita hadapi mestinya tetap ada usaha untuk melihatnya dari segi positif. Sikap positif ditunjukkan dengan berbesar hati, siap dengan kenyataan dan berjabat tangan dengan kenyataan. Inilah kacamata baru, yaitu cara pandang hidup baru yang dibawa oleh penulis ratapan, bahwa usaha memaknai kesulitan dan kegalauan hidup lebih penting daripada hanya duduk berpangku tangan dan menyesali keadaan, apalagi memandangnya hanya sebagai nasib yang tidak terelakkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s