Jubileum 25 Tahun Kependetaan di STT HKBP

Pada hari Kamis tanggal 23 Oktober 2008, ada 4 orang pendeta yang mengajar di STT HKBP Pematangsiantar merayakan 25 tahun kependetaan di HKBP. Keempatnya adalah Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Pdt Willem Tumpal P Simarmata, MA, Pdt Budiman Tua Simarmata, MTh dan Pdt Junjungan Aritonang, MTh.

Keempatnya adalah para pendeta yang menerima tahbisan pendeta di HKBP pada tahun 1983, dan dari 19 orang diantara mereka sudah 3 orang meninggal dunia. Keempatnya merasa bersyukur dengan penyertaan Tuhan dan bimbingannya sehingga mereka mengadakan acara syukuran di STT HKBP Pematangsiantar dengan mengambil tema “Segala sesuatu dapat kutanggung dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku; Filipi 4, 13”. 25 Tahun kependetaan mestinya dirayakan, karena kemungkinan 50 Tahun kependetaan seseorang sudah pensiun atau meninggal dunia. Jadi meski tidak semua pendeta merayakannya, momen ini adalah penting mengingat penyertaan Tuhan atas tugas-tugas pastoral ini. Sarat dengan pengalaman getir dan keemasan sudah dilalui, memang ini harus diperingati. Misalnya dengan launching buku karangan Dr Darwin Lumbantobing, “Pendeta (atau sebaiknya “pelayan”) berbaju hitam” pada hari itu.

Hadir dalam kesempatan itu para undangan dari kolega civitas akademika STT HKBP para dosen dan mahasiswa, Parsahutaon, Undangan dari Pemko Pematangsiantar, dari gereja tetangga dan institusi HKBP Distrik V Sumatera Timur. Pimpinan HKBP diwakili oleh Pdt Nelson Siregar, STh yang dalam kesempatan itu memberikan piagam penghargaan berupa piagam penghargaan (saja) dan menyematkan pin emas hkbp dari STT HKBP untuk keempat Jubilaris.
Pdt Nelson dalam arahannya mengucapkan selamat kepada keempat saudaranya, yang berjubileum pada hari itu. Ia mengingat bahwa penyertaan TUhan ibarat pertandingan tinju antara Tyson se leher beton dengan Holyfield, under dog dan katanya mengandalkan penyertaan Tuhan dan akhirnya memenangkan pertandingan itu. Kita mesti menjadi petarung seperti Holyfield yang hanya mengandalkan Tuhan dalam pekerjaan dan pelayanan. Harapannya STT HKBP dapat berperan serta dalam menyongsong Tahun Diakonia HKBP 2009 dengan mengusahakan pusat pemberitaan dengan mendirikan Perpustakaan dan juga peningkatan kualitas para dosen dan staff pengajar.
Ucapan syukur dan terimakasih para jubilaris disampaikan Ny Pdt Budiman Tua Simarmata, dan meminta maaf karena Pdt Simarmata tidak bisa hadir pada kesempatan itu karena sedang studi s3 di Jakarta dan kini sedang berada di Yogyakarta. Juga simbolis membaca teks Pdt Junjungan aritonang, mengucapkan terimakasih dan mengajak seluruh hadirin makan bersama di Menza STT HKBP Pematangsiantar. Dua jubilaris lainnya adalah Pdt WTP Simarmata, MA mantan Sekretaris Jenderal HKBP 2002-8 dan Ketua PGI Wil SUmut hingga kini ditempatkan di STT HKBP Pematangsiantar sebagai tenaga dosen meski meminta difungsikan di sending HKBP. Dr Darwin Lumbantobing adalah Ketua STT HKBP Pematangsiantar, sejak Desember 2007 dan pernah beberapa kali mencalonkan diri sebagai pimpinan HKBP pada beberapa kali Sinode Godang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s