Jadi ninna rohangku ma dibagasan : “Rap uhumon ni Debata ma halak partigor dohot parjahat, ai mandapot di Ibana do sogot saluhut sangkap ni roha ni jolma dohot sandok ulaonna”; Parjamita 3, 17

Pagi ini Jansen Sinamo berbicara tentang kesadaran dan keinginan manusia untuk selalu lebih baik, lebih sejahtera, lebih pintar dan berhasil, dll. Dalam sessi radio motivasi itu, Sinamo menjelaskan bahwa pada dirinya manusia memiliki keinginan untuk lebih baik dan berhasil pada waktu yang akan dating. Kesadaran seperti ini memunculkan etos bagi manusia itu sendri terutama dalam usahanya mencapai keberhasilan dan kemakmuran yang dimaksud. Jadi manusia bisa lebih baik, lebih tinggi dan lebih besar (better, higher dan bigger) sebagaimana sessi pukul 07.00 wib itu di Smart FM.
Sejak Max Weber manusia sudah menyadari dan merumuskan bahwa prduktivitas dan hasil kerja lainnya akan lebih baik, apabila manusia itu lebih rajin, lebih giat dalam melakukan pekerjaannya. Itikad baik dan pekerjaan yang lebih baik akan menjadikan diri memiliki motivasi dan etos kerja yang baik, asal dengan motivasi yang baik pula. Dengan ketekunan, kesabaran ada etos baik, berbeda jika itu dicapai dengan premanisme, misalnya atau kekerasan memang pada dirinya ada motivasi yang tidak baik. Etos itu pula yang menguasai gaya hidup dan cara pandang manusia dalam segala laku dan pekerjaannya.

Kiranya penulis kitab Pengkotbah ini menyadari bahwa tugas manusia harus dilaksanakan dengan motivasi yang baik. Karena dengan motivasi dan dorongan dari diri yang baik saja akan keluar kesadaran bahwa Tuhan-lah yang berwewenang penuh menimbang dan menghukumi manusia itu, apakah ia orang baik dan jujur atau si jahat dan licik; apakah pekerjaannya memberikan kebaikan bagi sesama atau malah merugikan sesamanya. Teks batak ini juga mengingatkan bahwa tugas manusia cukuplah bekerja dan mensyukurinya, tanpa harus menjadi pengadil bagi sesamanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s