Sai Ibana ma tanda di nasa dalanmu, asa Ibana patigor angka dalanmu. Unang tung na bisuk ho diparbaga roham, habiari ma Jahowa, jala paholang dirim sian hajahaton; Poda 3, 6-7

Mengandalkan Tuhan berarti membiarkan Tuhan menjadi penentu dalam segala tindak laku kita. Membiarkan Tuhan menjadi pemeran utama dalam pemikiran dan tindakan kita sehari-hari. Perihal ini juga memerlukan pertobatan dan pembaruan dari kita. Pertobatan yang benar dituntut untuk terjadi setiap saat dalam hidup kita, melalui perkataan perbuatan dan fikiran kita.

Orang yang mengandalkan kemampuan dan pengertiannya sendiri akan mendapat malu, sebab ia akan berbenturan dengan kenyataan di dunia ini. Pernah kita bangga akan kemampuan kita, namun ternyata bukan itu yang diminta Tuhan dari kita. Kita merasa bisa menentukan apa yang menjadi masa depan kita, namun ternyata Tuhan-lah yang menjadi penentu dan pada akhirnya kita harus mengakui itu. Penerimaan ini memerlukan pengorbanan, hati dan sikap kita. Dari yang terbiasa menjadi decision maker menjadi preferensial maker. Memerlukan sikap membiasakan diri dengan penyertaan Tuhan dalam setiap keputusan hidup kita.

Mengenali Tuhan dalam segala jalan hidup memerlukan sikap penerimaan menerima dan menandai kehendak Tuhan dalam hidup kita masing-masing. Metanoia disalin dalam PB untuk menggambarkan sikap mau membaharui diri, memperbaiki sikap dan situasi lalu yang tidak baik menjadi lebih baik dan teratur. Metanoia diperlukan agar hidup menjadi teratur dan berjalan di rel yang menghantarkan kita pada kasih Tuhan yang memperbarui roh dan fikiran kita setiap hari. Seperti fajar yang setiap hari pasti akan terbit setiap hari, meyakinkan kita akan janji Tuhan pada Sdr dan saya yang mau memperbaiki hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s