Diporsan Ibana do dosanta di bagasan dagingna tu hau i, asa malua hita sian dosa, gabe mangolu di hatigoran i: “Hinorhon ni bugangna i do gabe malum hamu; 1 Petr 2,24

Menurut Dr Sofie Antonio, pakar Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia, krisis yang kita hadapi hari-hari ini adalah awal dan meski diperkirakan tidak akan sampai pada tahap krisis global, ia yakin bahwa ini akan berlanjut hingga ke 2009 yad. Penyebabnya, mengapa kita mengalami krisis berulang-ulang adalah kerakusan dan ketamakan manusia dan pelaku ekonomi dalam mengeruk ke dirinya sendiri kue hasil pembangunan. Ini menjadi titik yang paling rawan, sehingga sebagai lembaga yang bergerak dalam ekonomi rakyat – dengan fondasi syariah – diperlukan gerakan mendorong secara moral mengikis prilaku ini; secara legal; dukungan politik mencakup policy dan instrument.

Manusia memang sudah menjadi rakus ingin memenuhi kebutuhan jasmaninya. Yang miskin takut malam ini tidak makan, yang kaya juga takut dengan keamanan hartanya yang melimpah dimana-mana. Jarang kita temui orang yang mau berkorban waktu dan materinya demi kepentingan sesamanya pada jaman ini. Ini mungkin sudah mendarah daging dalam bangsa ini. Mana ada orang yang sedikit sabaran lagi mengisi bensin di spbu; membayar tagihan listrik dan telepon di antrian atau hanya menyalam orang yang sedang berpesta di adat batak.

Paling sedikit kita harus menyadari betapa Tuhan mau menyisihkan waktunya yang berharga : mendengarkan doa, menguatkan dan memberikan berkat dimana-mana. Ia dengan komitmen-Nya memenuhi bumi ini dengan kasih-Nya. Dengan luka-luka-Nya di salib aku mendapat kesembuhan dan kesehatan. Wow, Betapa kita harus menyadari bahwa Tuhan masih memberi kekuatan dan kesehatan kepada kita untuk melakukan tugas-tugas dan segala urusan kita; yang diminta adalah supaya kita juga bisa membagi itu dengan sesama. Bersama-sama membangun persekutuan yang menghilangkan kepentingan sendiri, kerakusan, apalagi mengambil yang bukan bagian kita dan mau sedikit berkorban demi kepentingan bersama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s