Na pasali Jahowa do manang ise na mardenggan basa tu na pogos, jala Ibana mamaloshon denggan basana i tu ibana; Poda 19,17

Tentu kita tidak berfikir bahwa membantu sesama terutama orang yang kurang mampu sebagai tindakan untuk membebankan utang kepada Tuhan. Apalagi jika mengharapkan bahwa Tuhan akan membayar hutang-hutangnya berikut dengan bunganya. Atau satu saat kita dapat menuntut hutang Tuhan untuk seger a melunasinya. Karena jika demikian kita bisa berfikir bahwa tindakan kita adalah amal atau pahala belaka, karena tokh kita akan mendapatkannya sebagai upah perbuatan baik kita.

Memang dalam masyarakat penulis wejangan ini, hutang tetaplah hutang. Dan hutang itu harus dilunasi. Banyak orang yang terpaksa meminjam, bahkan dengan bunga yang tinggi karena keperluan yang sangat mendesak atau karena terpaksa. Jadi yang diminta adalah tindakan untuk menolong sesama, terutama mereka yang miskin, yang lemah dan tersisihkan karena ketidakmampuannya dalam pekerjaan. Menolong sesama ibarat mengembalikan apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita sendiri, tapi motivasinya adalah membayar hutang. Tindakan itu antara lain dalam masyarakat Israel adalah penghapusan hutang, pembebasan para budak dan pengembalian tanah yang tergadaikan pada waktu lalu, serta menebus orang yang terlilit hutang.

Memiutangi Tuhan, dengan demikian berarti adalah tindakan yang kita lakukan sebagai bantuan dan pertolongan kepada sesama sebagai bentuk pelunasan “hutang” kita kepada-Nya. Sebab kita adalah orang yang berhutang, berhutang atas pemberian Tuhan yang diberikannya dengan cuma-cuma. Bayarlah hutangmu..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s