Ganup ma naniondjar ni rohana, unang ma sian muruk manang sian na so tardjua; ai dihaholongi Debata do na las roha mangalehon; 2 Korint 9,7

Tindakan memberi memang memerlukan kerelaan hati, sebab pemberian yang tidak disertai dengan kerelaan tidak akan berarti banyak. Ada semacam ketakutan dan keraguan dalam memberi bagi kebanyakan orang dalam memberi sebagian, menghibahkan, menyumbangkan miliknya. Kerelaan semacam ini sudah dipertontonkan Tuhan kepada kita, bukan dengan memberi sebagian dari kasih-Nya, tetapi seluruh yang ada pada-Nya bahkan yang paling berharga diberikan untuk menjadi korban keselamatan manusia.

Jangan dengan sungut-sungut, dengan marah apalagi semacam utang yang tidak terbantahkan, yang harus dan mesti diberikan. Memberikan dengan kerelaan hati adalah semacam permintaan Tuhan. Sama seperti seorang ibu yang menggendong anaknya, menimang-nimang dan meninabobokannya. Kegembiaraan hati, semangat dan cerah hidupnya akan pemberian Tuhan itu; sampai suatu saat dia harus menyadari anaknya bukan miliknya. Ia akan melesat ibarat anak panah meninggalkan busurnya. Jadi anakmu, kata orang Batak, Anakhonki hamoraon di au, bukan milikmu. Sama seperti seorang yang memiliki harta benda di dunia ini mengaminkan bahwa harta itu adalah semata titipan Tuhan untuk dipakai demi kesejahteraan hidup. Ia tidak benar-benar memiliki, namun mungkin pemilik sementara.

Pelayanan diakonia melalui lembaga semacam koperasi mesti diapresiasi baik; sebabnya kita memberi dan turut membantu namun tidak kekurangan, malahan tambah. Itu yang selalu diperkenalkan oleh penggagas CUM Dr MP Ambarita di Sukamakmur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s