Alai huhut do Ahu marpanatap tu halak na dangol, jala na bojok martondi, jala manonditnondit mida hatangKi; Jesayas 66, 2b

Selamat Ulang Tahun HKBP !
Hari ini HKBP, gereja dan orang-orangnya berulang tahun 147 Tahun. Usia yang tidak muda lagi, namun sudah menjadi usia yang matang bagi seseorang atau institusi. Ditengah pergumulan kehadirannya, HKBP dituntut tetap memperbaharui diri, meningkatkan pelayanan dan kebersamaan warga dan pelayannya sebagai sesama anak-anak Tuhan.
Banyak berkat Tuhan yang mengidupkan, menafkahi kita sebagai warga HKBP dan inilah yang patut kita syukuri kini.

Istri saya baru saja menelepon bahwa kakak ma polin hari ini berulang tahun entah yang ke berapa, lupa. Tapi sambutan pertamanya, udah tuwir ya.. artinya kira-kira sudah berumur ya. Terasa atau tanpa terasa, hari-hari ini yang kita lewati, kejadian-demi kejadian dan fase perkembangan sesuatu yang patut disyukuri. Betapa “tua” dan matang berkat Tuhan yang selalu menguatkan. Sumringah membayangkan hasil yang telah dicapai; namun galau mengingat banyak pekerjaan dan urusan yanga tak kunjung selesai. Tapi yang pasti, Tuhan masih memberi kesempatan kepada jubilaris dan kepada kita semua untuk berbuat dan menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang belum selesai itu. Terimakasih Tuhan.!

HKBP!? Saya selalu menerjemahkan ecclesia reformata semper reformanda esf, adalah ungkapan kehadiran gereja ini, yang membesarkan Anda dan saya ini, supaya selalu berpihak kepada yang lemah, yang miskin dan tersisihkan. Yang membiarkan Firman Tuhan menguasai hidup dan pelayanannya : para uluan, pelayan dan warganya. Kehadiran Kristus yang menjadi kabar gembira dimana dan kapan saja, gereja yang berani mengatakan “tidak” untuk yang salah, mengatakan “ya” untuk kebenaran, berani berjalan dianggap melawan arus, yang tidak keras kepala, yang meratifikasi terus menerus poda parjamitaon-nya, dan berani merumuskan teologi ekonomik-nya menanggapi pasar bebas, persaingan dan tantangan hidup dan menjadi kesukaan Tuhan. Menjadi penolong dan pembela pada peristiwa ketidakadilan dan kesewenang-wenangan. Yang mulai menghilangkan kamus “antong, sipareahan ma i” untuk hal-hal baru yang sebenarnya bisa dikerjakan sekarang dan disini untuk tidak menunda-nunda perkerjaan dan terbuka hal-hal baru dan memberi pencerahan. Yang menulis dan menyuarakan kotbah sebagai Firman Tuhan dengan hatinya, sehingga orang membaca dan mendengarnya dengan hati pula. Semoga Tuhan mengampuni dosa-dosaku.

Advertisements

One comment

  1. Dirgahayu HKBP. Semoga para pimpinan HKBP di atas sana dan seluruh pelayan yang baik hati semakin berempati kepada para warga dan sebahagian besar rakyat Indonesia yang masih lemah dan tertindas. Tercurahlah berkat Surgawi kepada seluruh pelayan dan warga HKBP, termasuk kepada pemilik blog ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s