Sai unang ma mohop ateatem mida angka parjahat i, jala unang ma mangiburu ho mida angka siulahon hadjungkingon; Psalm 37,1

Memikirkan orang yang terpaksa melakukan pencurian dan perampokan karena terpaksa sangat menyedihkan. Ada orang yang melawan hati nuraninya terpaksa membongkar rumah tetangganya, karena anaknya menangis terus minta susu. Dan ada pula yang sudah mematikan perasaannya mengambil timbangan tertentu yang sudah dikerjai untuk membeli barang kawannya, tapi menjualnya pula dengan timbangan yang lain. Banyak pula orang menjadi nanar matanya dan bisa berbuat kejam karena terprovokasi yang lain. Kejadian-kejadian ini sering kita dengar dan lihat sendiri dalam masyarakat.

Sejak dulu pemazmur menilai kejahatan dan perbuatan curang tidak akan bertahan lama, dan suatu waktu akan mendapat ganjarannya. Sama seperti seorang percaya bahwa hanya Allah yang akan menghukum dan bangkit bertindak sebagai hakim dan pengadil atas semua orang jahat. Jadi bukan tugas manusia untuk mengadili dan menghukumi sesamanya. Allah akan berpihak pada mereka yang berbuat kebaikan dan kejujuran.

Yang patut kita lakukan adalah bagaimana menolong mereka agar jangan lagi melakukan yang jahat. Di pembukaan Sinode lalu, Pdt WTP Simarmata (lagi-lagi) berkata, “Marilah kita bersukacita tanpa menyakiti orang lain; Marilah menang tanpa mengalahkan orang lain”. Memang ini dikatakan dalam iklim dimana akan ada pemilihan. Tapi mungkin ada benarnya, menyaksikan dan mengikuti berita-berita diatas kita perlu mendoakan mereka. Perlu membeli ini dan itu, tanpa harus mencuri, merampok dan maling. Perlu untung tanpa harus mengorbankan orang lain, perlu menjadi orang benar tanpa harus menyalahkan orang lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s