praesses parompuan pertama hkbp 2008

Hari ini polls praesses perempuan di hkbp ditutup 5.37pm. ada 8 voters yang kemungkinan tidak representatif dari suara tentang poll ini. setengahnya 4 suara menyatakan setuju, dengan alasan tertentu. sisanya 4 suara menyatakan tidak setuju (atau mungkin tidak terima).
sudah waktunya kah hkbp dipimpin seorang praesses perempuan?? Setuju atau, siap atau tidak forum sebesar sinode godang 2008 telah memlihnya dan menetapkan pdt debora sinaga sebagai praesses parompuan pertama.
sejak awal sebenarnya sudah ada perdebatan tentang pelayan atau partohonan perempuan. gereja-gereja lutheran telah menerima dan memberikan tahbisan kepada perempuan, sebagai pendeta, guru huria, dan sintua. khusus kepada diakones dan bibelvrouw memang khusus adalah tahbisan kepada perempuan. tapi bagaimana dengan pelayan perempuan dengan jabatan!?

Tahun 2008 adalah tahun bersejarah dimana seorang partohonan perempuan dipilih sebagai salah satu pimpinan di hkbp menjadi praesses. Di gereja lain itu dianggap setara dengan koordinator wilayah (pelayanan); jadi tugasnya koordinatif. Namun di hkbp, tugas praesses yang membawahi sedikitnya 6 ressort adalah ujung tombak pelayanan dengan wadah sinode distrik. Jadi praesses di distrik sebenarnya sudah memanggul suatu tanggung jawab inisiatif; serta komando koordinatif suatu pelayanan yang holistik, dan bertanggungjawab penuh atas kinerjanya; jadi bukan sekadar koordinatif administratif.

Tentang optimisme pendeta (kebetulan perempuan) dapat kita baca di hkbp.or.id tulisan pdt basa roha htbarat.

Advertisements

One comment

  1. Pingback: Free Piano

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s