surat edaran meminta bantuan ressort karena kas distrik defisit

saya mengerti resistensi dari para penatua atas surat edaran dari distrik V sumatera timur perihal pengumpulan tumpak untuk hari minggu ini, 28 september 2008.
dalam surat pengantar yang seyogyanya dibagi tiap orang yang akan menyumbang disebutkan bahwa terjadinya defisit keuangan di distrik v sumatera timur adalah kl 50 juta., tidak jelas apakah itu periode 2007-8 atau dalam satu periode (1 periode adalah 4 tahun sejak 2004) sehingga jumlahnya membengkak begitu besar. namun surat edaran itu sendiri tidak enacntumkan rincian dari pengeluaran kenapa pengeluaran operasi ini membesar.
pdt plasthon simanjuntak yang menulisnya sebagai praesses sendiri akann dimutasikan ke bandung barat, sesuai dengan sk dari kantor pusat. jdi mustahil mungkin dapat menyelesaikan pengadministrasian menutupi biaya sebesar itu dalam waktu satu bulan sebelum serah terima kepada praesses yang baru pdt pieter hutapea, mth.
sinode distrik memang membicarakan sesi anggaran dana untuk operasional distrik 1 tahun ke depan. benar. namun siapa yang mengawasinya. masalah hkbp kan dari dulu adalah uang, yang biasanya ditemui pada penghujung periode. sipa yang bisa menuntut karena semuanya marsapusapu. ini mungkin perlu dibicarakan dan ap diamandemen untuk fungsi kontrol ini; sehingga tuan praesses tidak semaunya menghabiskan dana yang dikumpulkan dari jemaat-jemaat lokal.
lagi pula tokh distrik tetaop berjalan, kata sintua itu pula menimpali. jadi defisit bagaimana, siapa yang mendahulukan biaya sebesar itu; apa mungkin setoran ke pusat via distrik disunat.
walah, jadi susah. andai saja mereka menulisan bahwa memang setoran dari tiap ressort belum beres, kan masuk akal. ini akal-akalan kalau program katanya tidak jalan.
jadi cukup beralasan bukan resistensi itu; bagaimana ..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s