mutasi pendeta hkbp = hadiah

0 ya, saya belum menuliskan secara lengkap daftar mutasi dan penempatan para praesses yang baru terpilih pada sinode godang lalu. tapi memang apa cukup berarti perpindahan itu. apa akan ada perubahan disitu. namun jika Anda ingin mengetahuinya sudah ada kok dimuat secara lengkap dan konon katanya hasil rapim (rapat para pemimpin) hkbp terpilih di hkbp.or.id; atau blog pemerhati praesses lainnya.
dahulu kala, konon katanya masalah mutasi belum menjadi masalah besar. kini orang akan mengkategorikan masalah mutasi, perpindahan dan rotasi apalagi pasca berahirnya sinode godang sebagai salah satu sumber konflik di hkbp. mungkin benar. jagoan siapa yang terpilih siap-siaplah untuk pindah ketempat baru yang gereja dan jemaatnya lebih besar dan hamauliateonnya wah… jadi mutasi dianggap sebagai hadiah, balas jasa dll. kalau ini prinsipnya mungkin benar, penempatan menjadi cita-cita setiap pendeta, apalagi kalau ke jakarta. ndak tau di mana awalnya, sekarang pendeta hkbp saja sudah 1500 orang kl. jadi orang berlomba dengan jumlah yang tidak sedikit itu ke kota, minimal ke ibukota kecamatan. siapa yang mau di kampung-kampung terus; atau seperti istilah orang dari par- ke par. dari parlilitan, ke parsoburan, perhitean dan akhirnya parbandaan.
tidak sedikit yang setia dan mengingat ikrarnya saat menerima tahbisan untuk bersedia ditempatkan dimana saja; hehe asal jangan ke luar angkasa. itu pun.
semoga bisik-bisik perpindahan mutasi rotasi tidak mengalami fluktuasi pelayanan; dimana saja pendeta siap melayani. Setuju..?!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s