asal persembahan, persembahan asal

saya selalu diajari kolekte ke depan pada suatu hari minggu adalah untuk menolong orang yang susah. jadi kolekte ke depan harus lebih besar daripada yang kita serahkan saat kolekte mandurung di tempat duduk.
tapi kalau tokh kita memberikan sama atau bahkan lebih kecil daripada durung-durung artinya kita tidak menghargai itu lebih. di tempat kami, kolekte ke depan selalu diwartakan minggu sebelumnya, artinya supaya dapat dipersiapkan sebelumnya. sehingga TUmpak tu Departemen ini dan itu akan lebig berarti dan mudah-mudahan membantu.
prihatin kita mendengar warta gereja yang memberitakan bahwa pelean 1 dan 2 tidak jauh berbeda bahkan lebih banyak ke 1 nya. STigma dan rahasia umum persembahan menjadi asal-asalan.
Ya asal ada. asal dengan hati, alasannya. tapi orang tidak memberikan persembahan yang asal ada dan pecahan paling kecil kini menjadi persembahannya.

tapi lihatlah untuk urusan adat (batak) dan marbinda berapapun orang siap untuk membayar. jangan-jangan seperti di tempat kami, jangan sampai ketinggalan kalau ada marbinda. malu rasanya tidak ikut.
ha, jadi untuk urusan persembahan ke gereja mungkin lain. tak ada beban rasanya memberikan persembahan 500 perak untuk : kotbah yang dia dengar, untuk nyanyian koor yang ia dengar,untuk hospitality, untuk membersihkan pasir yang ia bawa ke gereja.
jadi mungkin sebainya menyadari memberi dengan semampu kita adalah ukuran yang diinginkan untuk kita berikan. para murid dan sintua di yerusalem berusaha mengumpulkan tumpak pada sesama di yudea dan di daerah antiokhia pada saat itu (kisah rasul 11, 27-30). benar-benar menolong bagi sesama disana, apalagi dalam masa paceklik.
berikanlah tumpak sesuai dengan kemampuan kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s