Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu. Roma 12,2a

menjadi serupa atau seragam lebih menyenangkan. kita tidak usah lagi susah-susah membuat sesuatu yang baru. meneruskan sms jauh lebih mudah daripada mengetik ulang konsep kiriman pesan. Karena ketakutan tidak serupa dengan yang lain banyak orang mengikuti saja apa yang sudah-sudah dan sembari menambah bumbu-bumbu didalamnya. Yah jauh lebih nyaman memakai seragam disekolah daripada sendirian memakai pakaian yang berbeda.
lebih baik menjadi itik yang mengekor kemana kumpulan pergi dan tidak akan tersesat ketimbang Seekor elang yang terbang melawan arus sendirian pula.
tapi bagaimana ini dengan kita? Manusia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk beradaptasi. itu sejak semula disadari Apostel Paulus dengan mengingatkan orang kristen betapa perlunya menjadi baru dan diperbaharui dengan firman sehingga benar-benar berbeda (andul marasing) dari dunia ini dan kebiasaan-kebiasaannya. Berubah tidak meninggalkan dunia ini; namun menjadi baru dalam tingkah pola lakunya. Setuju?!
Tidak mesti berbeda dalam apa-apa yang sudah diterima menjadi nilai-nilai luhur dalam masyarakat; namun memang harus menjadi baru. Itu mungkin Eka Darmaputera, tidak asal tampil beda; asal berbeda, pokoknya lain. Ia menjadi baru dan unik karena selalu berangkat dari pemahaman yang benar dari kedalaman maksud firman Allah. Wahai, kalau begitu jangan takut berbeda dengan yang lain karena memang kita diciptakan berbeda-beda. ada yang kuat dan ada yang lemah, ada yang besar dan ada yang tidak begitu besar. Semuanya diberikan pencipta untuk dapat saling melengkapi plus minusnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s