Proposal : DEPARTEMEN DIAKONIA DALAM RANGKA TAHUN DIAKONIA 2009

I. Pengantar
Dalam upaya HKBP mempersiapkan diri merayakon Jubileum 150 tahun 2011, HKBP telah dilakukan tahun Koinonia 2007, sedang dilakukan tahun 2008 ini tahun Marturia. Tahun 2009 telah ditetapkan menjadi tahun Diakonia.
Ketika Jubileum 50 tahun, 1911, HKBP telah merayakannya dengan ucapan syukur kepada Tuhan. Karena gereja HKBP dalam Jubileumnya yang pertama itu telah mengaku bahwa Injil Yesus Kristus adalah kekuatan yang mampu mentransformasi masyarakat Batak dan masyarakat sekitarnya keluar dari kemiskinan, kebodohan, belenggu dan keterisolasion sesuai amanah Yesus Kristus dalam Lukas 4.18-19. Hal itu dibuktikon, dimana didirikan gedong gereja, disitu segera didirikan sekolah, klinik/ rumah sakit, serta menjadikan pargodungan sebagai pusat ibadah untuk mendekatkon diri kepada Tuhan sekaligus sebagai sumber inspirosi pembaharuan hidup, social ekonomi masyarakat. Ompui I.L. Nommensen memimpin Gereja HKBP melakukan terobosan perubahan dari masyarakat Batak yang terisoler men jadi masyarakat yang diterima men jadi bagion masyarakat barn di Sumatera Timur. Itu sebabnya 5 distrik yang sudah didirikan di HKBP, yokni Tapsel, Silindung,Humbang,Toba dan Sumatera Timur.
Ketika Jubileum 100 tahun, tahun 1961 dirayakan, walaupun ditengah perjalanan, gereja HKBP tahun 1940 telah mengalami tragedi yang sangat memprihatinkan. Sebab HKBP menghadapi goncangan pelayanan akibat perang dunia II. Para missionar diinternir dan diangkut tiba-tiba dari tengah-tengah pelayanan di HKBP. Pelayan yang sisa hanya sebahagian kecil Pendeta dari Belanda dan para Pdt orang Batak yang sangat sedikit. Kondisi itu diperburuk juga dengan perjuangan bangsa Indonesia yang sedang berupaya terus agar merdeka dari pen jajahan Belanda. Tapi Tuhan tetap setia terhadap umat yang dipilihnya dan senantiasa memilih para pelayan melalui jemaat HKBP yang dipimpin oleh Ephorus K. Sirait, Ephorus Dr. Justin Sihombing don St.Lucius Siahaan. Itu sebabnya selain HKBP melihat peluang mendirikan gereja di berbagai propinsi di Indonesia, : juga HKBP berperan untuk membangun dirinya dalom berbangsa, bernegara, bermasyarakat dan beroikumene. Menjelang tahun 1961 sebagai tahun HKBP Monjujung baringin no, HKBP telah’ berhasil menclirikan Universitas HKBP Nommensen mendirikan Sekolah STM Fakultas teologi Fakultas Keguruan Ilmu Pengetchuan/SMA Kampus di Pematangsiantar. Demilkian jugo gereja HKBP telah mampu dari dirinya mendirikan Elim pelayanan terhadap kaum yatim piatu,Patmos untuk pelayanan ketrampilan pertanion/petdirnakon dan pelayanan Pdt Pensiun, Ebenezer untuk pelayanan pensiunan pelayan-wanita;..:Lahan pertanian Sibatu-batu Siantar dan Lahan pertanian di Aek Loba dalam upaya melayani pengangguran, anak putus sekolah, dsb. Kemudian menjelang Jubileum ini HKBP sudah aktif turut mengagasi,, pendirian STT di Jakarta, mendirikan Dewan gereja di Indonesia, Dewan Gereja Asia di Parapat, HKBP menjadi anggota LWF, anggota WCC. bawtetcp qiemperkuat keberadannya menjadi anggota terus di UEM.
Pasca Jubileum 100 tahun memasuki Jubileum 150 tahun HKBP nampak HKBP terjebak terlalu banyak dengan konflik intern. Sehingga terjadi silih berganti konflik yang kurang mampu berhasil memelihara warisan yang dikembangkan di era missionar dan era kemandirian HKBP. Walaupun pernah terjadi prakarsa memperbaiki keadaan, terlebih dalam upaya memberdayakan, adanya program ketenagoan yang berkelanjutan, mendorong peran Oikumene, peran sosial ekonomi HKBP di masyarakat; membangun solidaritas antar jemaat kota dan desa, serta upaya memperlengkapi pelayan. Tapi perkembangan ini hanya terjadi sesaat, kemudion lorut pada konflik berkepanjangan. Menjelang Jubileum 150 tahun, Tuhan nampak tetap setia don mencintai HKBP, sehingga tahun 1998 terjadi suatu muzizat. Jika sebelum tahun 70-an selalu terjadi konflik dan mengakibatkan schisma, namun tahun 1998 terjadi, terjadi suatu mujizat, bahwa menyelesaikon konfliknya. dengan memberikan kqnsi1ia4i..Bahkcn Tuhan.
Perubahan di Negara Indonesia menjadi Negara yang demokratis. K?,mw.diFdalam 5,inqcle Ague} Tahun 2009. HKBP merumuskan visi, misi, prinsipnya yang inklusif, transparan, dialogis dan bertenaga. Dalam rangka mempersiapkan tahun Diakonia 2009,sebagai dalam upaya meref’leks’&dan evaluasi keb&cdcon HKBP seperti disebut diatas, maka persiapan Tahun Diakonia 2009 butuh masukan dari para pelayan dari distrik, dari unit pelayanan dewan Diakonia di, semua arcs, don dari kalangan teolog, pemerhati dan yang perduli terhadap Tahun Rahmat Tuhan. Diharapkan Tahun diakonia 2009 menjadi Tahun pengembangan prakarso, penguatan/pelembagaan pelayanan diakonia serta gerakan memahami Diakonia serta melakukan peneguhan visi HKBP di semua unit pelayanan Diakonia HKBP di semua aras.

II. Usul thema tahun Diakonia :
Doakan den usahakanlah kesejahteraan masyarakat, karena kesejahteraan mereka adalah kesejahteraanmu, Jeremia 29,7.

III. Prgram Tahun Diakonia 2009
1. Penerbitan dan pen jemaatan beberapa buku PA sesuai kebutuhan jemaat menjadi buku pengangan ibadah memotivasi warga HKBP memahami makna tahun diakonia 2009.
2. Sayembara cipta logo tahun Diakonia, motto den subtema.
3. Sayembara cipta lagu diakonia
4. Penerbitan buku Pedoman tentang tugas, program diakonia, target program 2009, struktur dengan cara memperkuat lembaga dewan diakonia, di aras jemaat, Kabid di aras distrik dan posisi Departemen Diakonia.
5. Penerbitan buku pintar Diakonia, sejarah pelayanan diakonia, profile unit pelayanan diakonia HKBP di semua aras, den perkembangan diakonia di distrik.
6. Penyusunan target pembangunan rehabilitasi pargodungan, pelembagaan pelayanan CUM, lembaga petani/nelayan/ buruh, pembangunan center yang sekoligus sebagai agroturis, out bond, mendirikan kantor yang dimulai tahun 2009 dan diharapkan clapat dipersembahken den dilegitimcisi tahun 2011. pemberdayaan
7. Mengadakan konsultasi diakonia di setiap distrik serta konsultasi di ores nosional sesuai kebutuhan di bidang ekonomi, pelayanan masyarakat nelayan, buruh don advokasi kebijakan.
Pelatihan training for trainers 2 orang dari setiap distrik dan untuk memberdayakan distrik/propinsi menggagasi pusat pelatihon.
9. Turut mendukung berdirinya pusat perwakilan HKBP di Medan den Jakarta.
10. Penerbitan klender/buku harian Diakonia 2009 bekerjasama dengan percetakan.
11. Perayaan Jubileum 175 tahun Ompui IL Nommensen dan 80tahun Sikola Bibelvrow.

IV. Tjuan program tahun diakonia
1. Warga jemaat HKBP depot memahami tugas ponggilen gereja bahwa diakonia adalah bagion integral pelayanan koinonia, den marturia.
2. Wargo. jemaat HKBP dapat menjadi pelaku/subjek pelayan diakoni, sehingga warga jemaat menjadi jemaat yang berbelas kasih, berdaya mengurangi kemiskinan, keterbelakcingon, kebodohan dan penindasan.
3. Para tokoh dan pemerhati pelayanan Diakonia HKBP depot menjadi mitre yang memberdayakan pelayanan Diakonia di semua ores, terlebih mendukung unit pelayanan diakonia di arcs distrik, propinsi don hatopen,
4. Para pelayan HKBP mampu menjadi subjek/pelaku pelayanan Diakonia di semua ores.
5. Terbentuk berbagai lembaga don berdiri berbagai gedong bangunan pelayanan diakonia untuk menopang pelayanan diakonia yang strategic, konprehensip, koordinatip don berkelanjuton.

V. Program Diakonia untuk Sinode Godang
1. Agar CUM HKBP diterima menjadi partisipasi HKBP memberdayakan ekonomi jemaat den masyarakat.
2. Agar HKBP mendukung pelayan di pedesaan untuk memperkuat pelayanan pargodungan.
5 Kegiaton Pengorganisasion tahun diakonia 2009 (tidak usah dibaca )
Agar sasaran utoma terjadinya pemberdayaan diakonia distrik untuk menopang diakonia berbasis jemaat, make iangkah yang akan ditempuh adalah
5.1. Pencanangan tahun diakonia 2009 yang dilakukan pimpinan ke semua distrikn , (Oktober 2008 – Janauri 2009 )
5.2. Pelatihan tim inti di distrik yang diharapkan dapat men jadi tim menjemacitkan den memotivasi masingmasing resort den jemaat menjelanken target program minimal, yakni mendirikan TK, mendirikan klinik, pembentukan kelompok minct bocci do perpustakaan, penyediaan beasiswa den jiko mungkin program penanggulangan pengon9guran ( Januari-Februari 2009 ).
5.3. Mempersiapkan buku pedoman tahun diakonia yang memuot pemaknaan teologi diakonia (bekerjasama dengan Kadep Koinonia dan Marturia ), model pembentukan kelembogaan diakonia berbasis jemaat ( mendirikan lembaga perpustakaan, beasiswa, mendirikan Taman Kanak-kanak dan lembaga keuangan mikro (Oktober -Desember 2008)
5.4. Melakukan berbagai kegiatan latihan yang diorganiser para Praeses dengan memobilisasi tim dari departemen diakonia memperkenalkan berbagai model pelayanan diakonia sesuai kebutuhan dan tantangan pelayanan di masingmasing distrik ( Mart-April 2009 ).
5.5, Mengagas pembentukan beberapa program pelayanan diakonia di tingkat distrik.
5.6. Penerbitan beberapa buku bacaan diakonia Oktober 2008- Juni 2009 ):
5.7. Melibatkan kerjasama departemen koinonia dan marturia serta pelayanan legitimatip dan Pastoral Ephorus dolam tnprnahami makno pelayanan tahun diakonia HKBP (Oktober 2009 )
Ir,11*11i ‘blot kam,IiM, lembaga Parsamean HKBP untuk mengkaji curriculum pemamahan-bqru pelayanan diakonia ( Juni-Juli 2009 ).
f,-M.enjqdikan pendiclikon HKBP sebagai pusat rujukqn ppnclr,Oj, qp,y nq bermutu kompetensi di beberapa Kabupaten Konprensi dan ibodah guru guru,Iqlap pelaycn, pendiclikon ( Juni- Juli 2009 )
5.10. Melakukan pekan Alkitab terhadap peduli petani, nelayqn;dqn burwh~aMei 2009
5.11, Melakukon koordinasi pelatihan ketenagoan pelayan distrik Oi, berbagai bidang pelayanan dengan CO,5 U14~:Mika mungkin mengadopsi be,Ogropq progrom.4propan di distrik-distrik di
HKBP (januari-febr 2009 )
Karma tnhun 2009 adalah juga tahun Jubileum IL Nommensen 175 tahun, make perlu disiapkan pelatihan terhadap anak, remaja dan pemuda serta “hosiswa menqinqQtk n jasa peloyanannyo di tanah Batak. Program strategis adalah membangun persekutuan, napak tilas. (Juni-Juli 2009).

Sumber :
Draft Rencana Induk Program Pelayanan (RIPP) dan Rencana Strategis Pelayanan HKBP (Renstra) disampaikan pada Sinode Godang HKBP ke-59, di Seminarium Sipoholon, 1-7 September 2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s