Ibadah Minggu Pada Pelantikan Fungsionaris HKBP Terpilih 2008-12

Seorang Kristen harus bersyukur bahwa dia masih bisa mengerjakan pekerjaannya, dan menyukuri pula bahwa kerja adalah berkat Tuhan yang paling besar bagi manusia. Demikian kata Ephorus HKBP terpilih Pdt Dr Bonar Napitupulu dalam kotbahnya di Ibadah Minggu Pelantikan Para Fungsionaris HKBP terpilih dalam Sinode Godang HKBP ke-59 yang berakhir kemarin 6 September 2008.
Pagi ini, sebagaimana digariskan dalam AP HKBP 2002 para Uluan terpilih akan dilantik dalam satu ibadah minggu bertempat di Sabungan Hatopan HKBP, HKBP Pearaja Tarutung. Dihadiri seribuan warga dan pelayan HKBP acara minggu diisi dengan beberapa lagu pujian oleh Koor dari Sanggau Kalimantan, Koor Pemda Tapteng, Koor Ama Tebet, Koor Pemda Humbahas, SMU 2 HKBP Trt., dan NHKBP Sei Putih Medan. Tidak ketinggalan ARBAB, para selebritis rohani menurut Ompu i yang terdiri dari artis ibukota seperti Rita Butarbutar, Jack Marpaung, Joel Simorangkir, dll. turut melantunkan madah pujian.
Hadir dalam kesempatan itu Bupati Taput Torang Lumbantobing (Toluto) yang mewakili unsur pemerintahan kemudian memberi kata sambutan, juga Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing, dan Monang Sitorus (Tobasa).

Dalam acara itu pula sebagaimana diagendakan pendeta tertua Pdt Syarif Nababan melantik Ephorus terpilih. Kemudian berturut-turut Ephorus melantik Sekretaris Jenderal Pdt Ramlan Hutahaean, MTh, Kadep Koinonia Pdt Dr Jamilin Sirait, Kadep Marturia Pdt Dr Binsar Nainggolan, dan Kadep Diakonia Pdt Nelson Flores Siregar, STh. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan 26 Praesses terpilih dalam Sinode Godang HKBP ke-59.

Kotbah Ephorus yang berdasar pada 2 Tessalonika 3, 10-13 juga menandaskan betapa waktu adalah pemberian Allah yang sama kepada manusia. Tapi ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa waktunya berlalu tanpa arti, karena kerja tanpa arti, pikiran tanpa makna dan kesibukan untuk hal-hal yang tidak berguna. Karena itu setiap orang percaya harus merenungkan dan bertanya kepada Tuhan untuk mengerjakan suatu pekerjaan, apakah pekerjaan dan kegiatannya itu berarti untuk dirinya sendiri, untuk sesama dan terutama untuk Tuhan. Tidak ada yang dapat menabung waktu ibarat deposito, atau tabungan untuk mengambilnya tatkala dia kekurangan atau kehabisan waktu. Detik demi detik adalah anugerah Allah yang besar bagi kita dan wajib kita hargai dengan melakukan pekerjaan dan kegiatan untuk memuliakan Tuhan dan berkat bagi sesama, dalam pekerjaan atau jabatan apa saja.
Ibadah minggu dalam Pelantikan Fungsionaris HKBP terpilih 2008-12 ini sekaligus mengakhiri rangkaian Sinode Godang yang berlangsung tanggal 1-7 September 2008 di Seminarium Sipoholon.
Segala puji dan syukur kepada Tuhan yang membimbing umatNya melalui HKBP dalam melangsungkan Sinode Agung tahun ini. Doa kita bersama semoga para Uluan HKBP terpilih benar-benar adalah pilihan Tuhan yang menyambung lidah-Nya menuntun umat kepada kehendakNya.
Semua warga dan pelayan HKBP terpanggil untuk bersama-sama mendoakan dan mendukung para Uluan yang kita yakini menjadi pilihan Tuhan.

Bravo HKBP!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s