Tentang Jubah Pendeta Itu Hitam

Tahukah Saudara, mengapa jubah pendeta itu warnanya hitam? Kenapa bukan putih, karena lebih menunjukkan sifat terang. Mengapa hitam, sampai anak-anak yang sudah dibaptis waktu sudah cukup besar takut melihat pendeta pakai jubah warna hitam.
Perihal ini pernah diberitakan oleh pendeta yang sudah tua kepada pendengarnya.
Memang dalam Perjanjian Lama (PL) ada beberapa kali dipakai istilah urim dan tumim pakaian yang dipakai oleh imam yang akan memimpin ibadah umat kepada Tuhan Allah. Pakaian itu ditetapkan sendiri oleh Allah dalam hukum Imam (misalnya Kel. 28, 30).Bagian ini dipakai dan ditempatkan di bagian dada imam itu saat dia memakai baju efod untuk melayankan korban kepada Tuhan Allah.
Dalam tradisi Lutheran, pakaian jas panjang berwarna hitam dipakai Martin Luther saat dia berkotbah atau mengajar. Jadi dia sebenarnya berpakaian sipil lengkap, seperti orang-orang sejamannya untuk menunjukkan dia seorang cendikiawan.
Jadi warna hitam itu melambangkan hitamnya, kelamnya dunia ini dimana dia harus berada didalamnya memberitakan kebenaran. Namun ada sedikit putih di dadanya – urim dan tumim – semacam dasi atau bef. Ada orang yang mengatakan bahwa dalam perjalanan waktu urim dan tumim (urim & thummim) tidak lagi dibicarakan orang terutama setelah kejatuhan bangsa Israel di pembuangan. Urim dan tumim digambarkan sebagai dua batang kecil, misalnya lambang “terang” dan “gelap” atau sebagai lambang “berkat” dan “kutuk”. Itu sebagai lambang arah dan penunjuk adanya terang. Tetap ada cahaya yang meskipun kecil, dia harus tetap dijaga untuk tetap menyala.
Jadi kenapa hitam ? Itulah kelam yang harus diterangi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s