SCRAP KOTBAH TANGGAL 27 JULI 2008 : Daniel 5, 1-10

Daniel 5, 1-10
Apa yang jahat dimata Tuhan akan mendapat hukuman, kebinasaan.
Sama seperti takhta kerajaan Beltsasar bin Nebukadnezar yang harus mati malam setelah ia mengadakan jamuan resepsi makan dengan mengundang seribuan para tokoh pembicara dan dewan pertimbangan agung dan penasehatnya.
Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan sehingga menjadi binasa karena melelaui arogansinya dia menunjukkan kemuliaannya yang duniawi dan tidak takut akan Tuhan.
Dia meminta semua harta kekayaan dan kemuliaan yang didapat ayahnya pula saat mengeluarkan barang-barang berharga dan kudus yagn dirampas dari Bait Allah di Yerusalem. Dari sana pula dia menunjukkan arogansinya dan anggapan sepinya terhadap apa yang telah diberitakan oleh Tuhan melalui nabinya, Daniel. Segala tembikar yang selama ini dipakai dalam peribdahan kudus kepada Allah Israel di Yerusalem dipakainya untuk meminum minuman keras. Ia mengotori dan menajiskan apa yang kudus di hadapan Allah dan itu sangat menimbulkan murka Allah.
Ini menunjukkan stigma relikwi dan tatanan kekudusan Allah yang tidak dapat bercampur baur dengan kekuasaan duniawi ini. Nas ini menunjukkan betapa pentingnya menjaga kesucian dan kekudusan peribadahan kepada Tuhan dalam segala cara hidup; perkataan, perbuatan dan keimanan. Banyak orang kristen yang masih berani bersumpah atas nama Tuhan, padahal saat itu ia bermasalah dengan mencuri atau tidak. Rimpas hami na sajabu molo au mambuat i (Demi Tuhan matilah kami sekeluarga, kalau ternyata saya yang mengambilnya). Disini terjadi pelanggaran atas titah ketiga dalam penyalahgunaan nama Tuhan demi kepentingan yang tidak untuk memuliakan-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s