TONA SINODE HKBP DISTRIK V Sum Timur, 9-10 Juli 2008

Pematangsiantar, 10 Juli 2008

No. : Ist/SD/D-V/VII/2008
Lamp. : 2 (dua)
Hal : Tona Sinode Distrik
HKBP Distrik V Sumatera Timur

Kepada Yth:
Seluruh Ressort/Jemaat HKBP
Distrik V SumateraTimur
Di,
Tempat.

TONA SINODE DISTRIK
HKBP DISTRIK V SUMATERA TIMUR
RABU- KAMIS, 09-10 JULI 2008

Saudara-saudara yang dikasihi Allah di dalam Yesus Kristus!
Huria Kristen Batak Protestan bersama-sama dengan gereja-gereja lain di Indonesia, siap atau tidak, harus menyadari dan menerima kenyataan hidup di tengah-tengah masyarakat yang multi pluralistik. Salah satu tantangan berat muncul akhir-akhir ini ke permukaan menyangkut kebebasan beragama dan menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agama, yang mencuat sejalan dengan gerakan fundamentalisme yang mengatasnamakan agama. Pada sisi lain selurh umat beragama sedang menghadapi tantangan kemiskinan dan ketidakadilan di tengah-tengah bangsa dan negara yang sedang berada di tengah-tengah arus globalisasi dalam segala tantangan dan peluang.

HKBP adalah gereja yang berakar, berturnbuh dan berbuah dari dan dalam firman Allah dan menyatakan dirinya sebagai persekutuan (tubuh Kristus) yang bersaksi dan melayani dalam konteks di atas dengan visi “menjadi gereja yang inklusif, dialogis dan terbuka”. Cita-cita itu hanya akan dapat dicapai jika HKBP punya komitmen dalam persekutuan, kesaksian dan pelayanan yang memberdayakan seluruh warganya untuk mampu secara dewasa memperbaharui diri dan ambil bagian dalam gerakan Roh yang memperbaharui seluruh ciptaan.

Periodesasi fungsionaris HKBP tanggal 1-7 September 2008 yang akan datang merupakan salah satu tahapan pembenahan diri, yang diharapkan mampu menemukan para pelayan yang dipilih oleh TUHAN. Itulah sebabnya seluruh distrik menyeenggarakan Sinode Periodesasi HKBP Distrik V Sumatera Timur pada hari Rabu-Kamis, tanggal 9-10 Juli 2008 di Menza STT HKBP dcngan Thema “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk” (Markus 16:15). Thema tersebut digumuli dan difokuskan dengan sorotan sub-Thema : “Warga dan Pelayan HKBP Distrik V Sumatera Timur terpanggil untuk semakin bermutu dan missioner”. Semangat pembaharuan dalarn tubuh HKBP merupakan dorongan yang lahir dari kerinduan menjawab panggilan menjadi jemaat yang semakin bernutu dan missioner seperti sorotan sub-thema.

, yang disemangati oleh tekad pembaharuan berhasil memilih calon Ephorus, calon Sekretaris Jenderal, calon Kepala Departemen Koinonia, calon Kepala Departemen Marturia dan Calon Kepala Departemen Diakonia, demikian juga dengan bakal calon Praeses, Majelis Pekerja Sinode dan Majelis Pekerja Sinode Distrik. Para calon terpilih (terlampir), kecuali MPS dan MPSD akan dibawa bersama-sama dengan Calon-calon dari Distrik lain ke Sinode Godang tanggal 1-7 September 2008 untuk dipilih dan ditetapkan oleh Sinode Godang menjadi fungsionaris HKBP Periode 2008-2012. Disamping itu Sinode Distrik V Sumatera Timur juga merekomendir dan mengusulkan agar Sinode Godang yang akan datang memutuskan mengadakan Sinode untuk melaksanakan Amandemen Aturan dan Peraturan HKBP 2002 paling lambat tahun 2010.

Demikianlah apa yang sedang kita jalani di HKBP sebagai bagian dari seluruh jajaran HKBP bersama¬-sama dengan seluruh anggota tubuh Kristus di Indonesia dan dunia untuk menjawab panggilan Allah dalam Kristus, Raja Gereja dan Raja dunia. Kiranya kita semakin diyakinkan dan dimampukan oleh Roh Kudus untuk bersekutu, bersaksi dan melayani dalam semangat pembaharuan untuk menjadi warga dan pelayan yang bermutu dan missioner.
TUHAN memberkati!

An. Peserta Sinode Distrik,
Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur

Pdt Dr Plasthon Simanjuntak

Hasil Sinode HKBP Distrik V Sumatera Timur
Lebih Rinci
Lain-lain

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s