Mestinya 11 persen

Benar belaka analisa Tony Prasetiantono, Chief Economist BNI bahwa meski BI rate tetap – hasil rapat Dewan Gubernur BI adalah tetap 8 persen- perbankan masih tetap punya ruang gerak untuk menurunkan bunga kreditnya kepada nasabahnya. Harapannya bunga kredit oleh bank dapat ditekan hingga 11 persen.
Lagi pula sudah jamannya perbankan tidak lagi hanya mengharapkan keuntungan dari selisih bunga simpanan dengan bunga pinjaman.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh bank secara professional :
1. Meningkatkan penghimpunan dana murah dalam bentuk giro dan tabungan. Artinya bank harus tetap dalam komitmennya untuk menjaga nama baiknya dan mempertahankan kepercayaan nasabahnya dengan pelayanan yang prima. Jadi bank tidak perlu berdalih dengan mengatasnamakan penyesuaian dengan BI rate terhadap bunga pinjamannya kepada nasabah.
2. Peningkatan pendapatan non operasional atau fee based income. Bank perlu mengevaluasi dan mendiversifikasi jenis kegiatannya; jadi jangan hanya cari untung dengan bunga. Sistem ini katanya, memang memerlukan invetasi ke depannya, misalnya dengan penggunaan mesin ATM, internet banking, dlsb.
3. Menekan rasio NPL (Non Performing Loan). Ini harus dilakukan oleh lembaga keuangan manapun juga supaya, laba bank tidak banyak tergerus mengurusi provisi pinjaman yang bermasalah.
4. Efisiensi operasional. Misalnya dengan pengurangan tenaga kerja, dan itu berarti ikut menyumbang para penganggur di negeri ini. Jadi selain efisiensi juga diperlukan efektivitas dari pelayanan kepada nasabah, dan upaya jemput bola.
Harian Kontan, (Yang mulai terbit cetak jarak jauh tanggal 7 Januari 2008), Semoga Tetap Jaya.**

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s