BEBAN HIDUP

Ada seorang ibu tua yang sudah renta. ia tinggal di dekat hutan dan sudah menjanda. mencari ranting dan dahan2 kayu adalah pekerjaannya untuk dijual ke pasar. hasil penjualan kayu bakar itulah yang dipakainya sebagai biaya hidupnya. pekerjaan itu ditekuninya setiap hari. Apapu keadaannya, hujan dan terik matahari ia selalu pergi ke hutan dekat rumahnya mengumoulkan kayu bakar itu.
Seperti hari ini, ia sudah berjalan tertatih2 memundak membawa seikat kayu bakar yang cukup banyak. Karena banyaknya, ia sendiri tampak sangat kelelahan.
Tak lama, lewatlah seorang dengan mengendarai kereta gerobak pedati (yang ditarik lembu). Ia menjadi sangat kasihan, dan menghentikan gerobaknya. “Ibu mau ke pasar?” tanyanya. Si ibu mengangguk. “Naiklah, bu. Kebetulan saya juga mau ke pasar”. Lalu dengan susah payah ia naik, dan duduk diatas gerobak itu.
Setelah berjalan beberapa saat sipemilik gerobak heran melihat si ibu, “Letakkanlah kayu bakarnya bu, kenapa terus digendong”. “Akh, biarlah. cukuplah saya digerobak ini. Kayu ini biarlah tetap kubawa”. Si pemilik gerobak heran, biar sudah diatas gerobak si ibu tetap memundak bebannya, kayu bakar. Benar??
Orang batak menyebutnya sisangkui sahitna. Artinya ditahankan, ditaonhon.
Moral cerita ini mungkin paling sederhana berani melepaskan beban hidup dan menghempaskannya. Ada banyak orang tidak terlalu leluasa melepaskan penat, lelah dan letihnya hidup. Mereka lebih suka menggendong, memanggul dan mengangkat bebannya sendiri tanpa bantuan seseorang atau dari yang lain. Bahasa moralisnya, ada banyak orang dengan terlalu banyak beban, dan ke luar dari pintu gereja itu dengan beban tetap dipundak. Meeka adalah kristen pundak. Termasukkah saya? Dan Anda??**

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s