Aturan & Peraturan HKBP 2002 (AP HKBP 2002) : Individual Character

Mungkin ada hikmahnya tidak bisa bepergian keluar rumah minggu-minggu passion ini. Pada waktu yang lalu karena kecelakaan ini, saya harus bertahan di rumah dan membiasakan diri dengan im3, yang kabarnya super murah. Saya coba dengan pc suite nok 3230, dan ternyata berhasil dengan baik. Informasi operator, biaya internetan Rp. 1/kB.

Daripada bengong membayangkan saya yang seharusnya ada di mimbar, karena ada punguan na hohom sekaligus mendatang pesta kebangkitan Kristus. Tapi daripada batu sandungan lebih baik menjadi batu penjuru.

Disini kawan kawin yang mau liat dan membaca Aturan Dan Peraturan HKBP Tahun 2002 (AP HKBP 2002) dapat membacanya. AP itu sendiri kabarnya dirancang ephorus HKBP sekarang dr bonar napitupulu, waktu beliau belum menjabat sebagai ompu i.

Saya teringat sebuah sessi Seminar Kepemimpinan II yang diselenggarakan Dept. Diakonia HKBP dengan Komunitas HKBP Melayani juli 2007 lalu. Seorang “awam” gereja, yang muda, energik tetapi GM pula di Telkomsel bilang kalau Aturan Peraturan HKBP itu seharusnya tidak hanya menjadi “milik” para pelayan (mungkin maksudnya para pendeta, guru huria atau biv dll.). Tapi ia harus dimiliki oleh setiap orang HKBP, warga dan pemerhatinya. Itu menunjukkan sikap HKBP yang terbuka, dialogis dan selalu mencari pelayanan yang bermutu. Benar apa yang dikatakannya, Aturan dan Peraturan HKBP itu harus merasuk menjadi Individual Character dalam hidup seorang HKBP. Saya kira pendapat dia menunjukkan bahwa dia memang bukan awam, tetapi peduli dan mungkin lebih sintua daripada sintua atau pendeta pula…

AP HKBP 2002 dikeluarkan Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung, Sumatera Utara. Efektif pada 1 Januari 2004 yang lalu disertai dengan pembahasan Juklak dan implementasi yang tidak dapat dikatakan mudah.

9 comments

  1. manukkun amang……..
    molo pembentukan panitia pembangunan gerje hkbp ikkon parhalado do ketua penitia? didok pendeta ressort hkbp laguboti ikkon parhalado do ketua panitia….baen hamu jo pendapat muna

  2. perlunya memahami jati diri seseorg agar tdk ada keraguraguan dlm melaksanakan yg harus kita capai. bisa saja oerg mempunyai komentar akan tujuan kita. prinsip adalah suatu kepastian yg membawa kt akan percaya diri….

    1. adat tdk dapat dicampurbaur dgn agama, cuma agama mengayomi adat yg di berlakukan suku2. Agama adalah sebagai terang dlm pelaksanaan adat. Yg jelas agama dlm konteks HKBP adalah pembawa terang dlm ruang lingkup adat.

  3. Horas, Amang….
    Nama saya Meili..saya ingin menanyakan mengenai hubungan seorang sintua HKBP dengan mengangkat anak yg bkn HKBP…
    Saya cerita sedikit, Amang…Saya sendiri bkn Batak, saya ada keturunan CIna..Calon saya yg Batak, dan saya harus dberi marga dulu utk mlngkapi pesta adat nantinya..tp ada satu rintangan, calon bapak angkat saya seorang sintua di HKBP..Bolehkah seorang sintua mengangkat anak yg bkn berasal dari HKBP untuk keperluaan adat? Karena saya sendiri adalah seorang Katolik..Adakah peraturan tertulisnya? Bisa saya dapatkan dimana peraturannya?
    Sebelumnya, terima kasih, Amang…

    1. Itu sah2 saja demi ke perluan adat yg akan dilaksakan. Soal aturan dan pertaturan HKBP itu tdk di muat, karna HKBP hanya sebagai pengayom dlm pelaksanaan adat. Adat dapat dilaksanakan apabila tdk bertentangan dgn siasat gereja. Yesus pun dlm konteks pelayananNya menghadiri adat org Yahudi. Yg jelas kt jangan terlalu pesimis utk memahami adat yg telah di wariskan oleh nenek moyang kita, selaku adat itu memberi nuansa kekeluargaan yg di landasi oleh KASIH.

  4. Selamat Minggu Quasimodogeniti buat Abang dan Keluarga!

    Saya baru tahu ada kejadian kecelakaan, bagaimana kondisinya sekarang? Secara tidak sengaja akhirnya saya berhasil menemukan blog Abang di sini. Terimakasih untuk pemikiran-pemikirannya yang berorientasi penguatan rakyat, dan semoga pelayanan Abang menjadi berkat bagi masyarakat kita.

    Horas!

Leave a Reply

